Melihat Lebih Dekat Sosok Wildan, Peraih Nilai UN Tertinggi

0
3175

[Kepala SMAN 1 Palembang, Nasrul Bani dan M Wildan Asyrof perain nilai UN tertinggi – Foto Arto beritasebelas]

Arto

beritasebelas.com, Palembang – Sosok M Wildan Asyrof, anak pertama dari pasangan Zahruddin dan Ade Arinia Rasyad berhasil meraih nilai sempurna untuk tiga mata pelajaran yang diujikan pada saat Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) beberapa waktu lalu.

Tiga mata pelajaran yang berhasil dia raih dengan sempurna atau nilai 100 adalah Matematika, Bahasa Inggris dan mata pelajaran pilihan sesuai jurusan, yakni Fisika sedangkan untuk Bahasa Indonesia dia meraih nilai 94.

Wildan mengaku tak menyangka bisa meraih nilai sempurna untuk tiga mata pelajaran tersebut. “Kalau dapat nilai 100 itu gak nyangka kak tapi kalau nilai 90 saya percaya diri di empat mata pelajaran yang diujikan saat UNBK,” curhatnya, Jumat 10 Mei 2019.

“Saya itu yang gak nyangka nilai Bahasa Inggris saya justru dapat nilai 100 dibandingkan dengan nilai Bahasa Indonesia, padahal saya sempet mikir nilai Bahasa Indonesia saya pasti lebih tinggi dari nilai Bahasa Inggris tapi kenyataannya justru terbalik,” kata anak pertama dari lima bersaudara ini.

Dia juga sempat menceritakan saat tahu dirinya berhasil meraih nilai sempurna itu dari ibunya. “Kemarin sebelum pengumuman resmi dari sekolah, umi saya manggil saya teriak-teriak. Waktu itu saya lagi mandi dan kepikiran soal nilai UTBK saya, dan ternyata umi kasih tahu kalau nilai UNBK saya meraih nilai sempurna,” katanya.

“Umi tahu dari guru saya mengenai nila 3 mata pelajaran saya yang meraih nilai 100 dan 94 untuk bahasa Indonesia. Alhamdulillah, saya bersyukur tinggal perjuangannya saya itu meraih nilai yang baik untuk UTBK karena tujuan saya selanjutnya mau mendaftar ke ITB,” ujar cowok kelahiran Palembang ini.

Meraih nilai yang sempurna di tiga mata pelajaran UNBK tak lantas membuatnya sombong, siswa yang aktif di rohis SMAN 1 Palembang ini juga memberikan khusus agar bisa meraih nilai sempuran seperti dirinya.

“Saya ini gak pinter kak masih banyak yang lebih pinter dari saya, kalau untuk saran gimana biar bisa meraih nilai bagus itu gak ada rahasianya juga, hanya saya belajar yang giat, belajar juga harus terjadwal, dan belajar dengan intens saat akan menghadapi ujian,” jelasnya.

Dia juga mengatakan sebulan sebelum ujian nasional, dia belajar selama 4 jam sehari di waktu malam hari. “Belajarnya disiapkan dari jauh-jauh hari kalau sehari sebelum ujian saya juga gak kuat, jadi setelah isya saya mulai belajar sekira pukul 20.00-00.00 itu sebelum UNBK kalau ujian biasa belajar hanya tidak terlalu intens namun terjadwal,” katanya.

“Selain itu, coba cari motivasi, kalaiu ada motvasi belajar pasti maksimal dalam belajar. Dan cari metode belajar yang sesuai dengan diri kamu jangan niru cara belajar orang lain kalau misal kita gak mampu, buat diri kamu nyaman dalam bejalar. Jangan belajar dadakan juga ya,” katanya.

Sementara itu, Kepala SMAN 1 Palembang Nasrul Bani mengatakam bahwa selama ini di SMAN 1 belum ada yang meraih nilai sempurna seperti Wildan.

“Belum ada, dan Wildan ini pemecah rekornya, saya selalu bilang ke Wildan kalau dirinya pasti bisa meraih nilai sempurna saat UNBK. Dan ternyata omongan saya bener,” pungkasnya.

print