Memasuki PPDB, Tahun Ini Hewan Kurban Menurun Signifikan

0
10
[Suasana penyembelihan hewan kurban di Masjid Al Muhajirin RW/08 Pakjo Palembang – fotoa Arto beritasebelas]

Arto

beritasebelas.com, Palembang – Sejumlah masjid dan mushola mencatat bahwa hewan kurban yang diterima oleh panitia Perayaan Hari Raya Idul Adha 1440 Hijriah cenderung menurun signifikan.

Panitia menilai penurunan jumlah hewan kurban salah satunya faktor ekonomi yakni perayaan Idul Adha bersamaan dengan anak masuk sekolah di tahun ajaran baru atau Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB).

Meski cenderung menurun, namun tak mengurangi kualitas hikmat dan kebahagiaan berbagi pada Hari Raya Kurban di tahun ini. Benar saja, sejumlah masjid pun begitu ramai jamaah baik saat Salat Idul Adha maupun saat penyembelihan hewan kurban.

Seperti terjadi di Masjid Al Muhajirin RW08 Pakjo Palembang hanya menerima 6 ekor sapi dan 21 ekor kambing dan akan didistribusikan menjadi 1000 paket daging kurban ke masyarakat.

“Tahun ini kita sedikit berkurang, mungkin karena musim anak lagi masuk sekolah,”ujar Ketua Masjid Al Muhajirin, Slamet Muhajir, S.Sos disela-sela pemotongan hewan kurban, Minggu 11 Agustus 2019.

Senada itu dikatakan Ketua RW/08 Pakjo sekaligus Ketua Panitia Penyembelihan Hewan Kurban Sumargono SPd berharap ditahun yang akan datang bisa lebih meningkat lagi yang menyumbang hewaj kurban.

“Ke depan di wilayah RT 26 sampai 29 ini bisa lebih banyak lagi yang berpartisipasi, mungkin kita ajak melalui arisan atau menabung,”urainya.

Sementara itu, penurunan partisipasi penyumbang hewan kurban juga terjadi di Mushola Nurul Huda di RW/07 Pakjo Palembang. Pasalnya tahun ini hanya menerima sebanyak 5 ekor sapi dan 12 ekor kambing.

“Dari hewan kurban itu kita akan bagi ke masyarakat dengan 400 kupon,”ujar Ketua Mushola Nurul Huda Palembang HM Rivain SMHI.

Ia menambahkan meski tahun ini menurun tahun depan diharapkan lebih meningkat lagi yang berkurban di Mushola Nurul Huda sehingga menjadi ladang pahala bagi masyarakat yang berkurban.

print