Memasuki UNBK Hari Kedua, Ini Pernak-Pernik Masalahnya

0
26

Arto

[Para peserta Ujian Nasional saat mengikuti UNBK di SMA Negeri 3 Palembang – foto Arto beritasebelas]
beritasebelas.com, Palembang – Memasuki hari kedua Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di Sumatera Selatan mulai muncul berbagai permasalahan teknis. Mulai dari kendala listrik maupun server.

Di SMA Negeri 3 Palembang, petugas proyektor kesulitan meng-upload jawaban siswa ke server pusat. Akibatnya, butuh waktu hingga 40 menit untuk mengirimkan file hasil jawaban siswa tersebut.

Plt Kepala SMA Negeri 3 Palembang Dra Hj Purwiastuti Kusumastiwi MM mengatakan, keterlambatan pengiriman file jawaban siswa tidak mengganggu pelaksanaan UNBK. Sebab, waktu pengiriman file dilakukan setelah seluruh siswa menyelesaikan mata pelajaran UNBK di hari pertama.

“Iya, sewaktu meng-upload jawaban butuh waktu 40 menit. Kita berharap kepada pemerintah agar spesifikasi server diperbesar agar lebih mudah mengirimnya,” harap dia, Selasa 10 April 2018.

Beruntung, aku dia, sekolah yang menginduk rayon sudah melaksanakan UNBK secara mandiri. Dengan begitu, panitia ujian di sekolah tersebut hanya mengirim hasil jawaban siswa miliknya. Seperti diketahui, SMA Negeri 3 Palembang merupakan sub rayon 3 melingkupi SMA Methodist 1 dan SMA Aisyiah 1 Palembang.

“Kemungkinan kendala ini karena pada saat bersamaan seluruh sekolah mengirimkan hasil jawaban ke satu server. Sehingga butuh waktu lama untuk berhasil meng-upload,” katanya.

Dia menjelaskan, SMA Negeri 3 Palembang sendiri ada 394 peserta UNBK yang yang terbagi dalam empat ruang ujian. Dalam menunjang UNBK, sekolah menyiapkan 4 server dan 1 server cadangan. Untuk fasilitas komputer sendiri menggunakan 133 unit dan 10 unit cadangan.

“Hari kedua ini mata pelajaran yang diujikan Matematika dengan bentuk soal 35 pilihan ganda dan 5 essay. Seluruhnya dikerjakan menggunakan komputer,” jelasnya.

Meski begitu, dia menjelaskan, pelaksanaan UNBK di sekolah tersebut secara umum tidak menemui kendala berarti. Seluruh siswa terlihat enjoy mengikuti mata pelajaran yang diujikan.

“Siswa sudah terbiasa dengan komputer, internet sekolah juga sangat baik dalam pelaksanaan UNBK,” tuturnya.

Terpisah, Kepala SMA Negeri 15 Palembang Hj Nursiawati Anggraini, MM mengaku tidak mengalami kendala baik mengunduh soal maupun meng-upload jawaban siswa. Dia mengaku, sistem UNBK secara umum sudah sangat baik dibanding tahun sebelumnya.

“Sekolah kita sudah tiga tahun melaksanakan UNBK. Sistemnya sudah baik, karena saat mengunduh soal sudah terjadwal. Jadi kita tahu jam berapa kita bisa mengunduh soal walaupun belum bisa dibuka karena token belum ada. Token baru diberikan saat penyingkronan di ruang ujian,” jelasnya.

print