Menangkan Lomba Kampung Hias, Kampung Cempaka Bawa Pulang 3 Sapi

0
37

Yudiansyah

[Camat Bukit Kecil Ahmad Furqon stelah menerima hadiah pemenang pertama pada lomba hias kampung]
beritasebelas.com,Palembang – Lomba Kampung Hias Asian Games 2018 yang digelar Youth Care Asian Games selama lebih dari sebulan telah berakhir. Setelah berlangsung sejak tanggal 3 Mei-7 Juni lalu, akhirnya panitia memilih lima kampung terbaik yang akan menerima hadiah berupa enam ekor sapi.

Juara pertama dimenangkan oleh Kampung Cempaka, Gang Masjid, RT 18 Kelurahan 26 Ilir, Kecamatan Bukit Kecil, Palembang. Di urutan kedua adalah Lrg Mari RT.02. RW.01 Kelurahan Talang Bubuk, Kecamatan Plaju, Palembang. Pemenang ketiga adalah Jalan Taman Sari RT.02 RW.01 Kelurahan Srijaya Negara, Kecamatan Alang-alang Lebar, Palembang. Juara Harapan I dan Harapan II adalah Lorong Dimas Kampung Iklim Wilayah RT.03 RW.01 Kelurahan Srimulya, Kecamatan Sematang Borang, Palembang dan Jalan. Talang Gading RT.06&07 RW.02 Kelurahan Kalidoni, Kecamatan Kalidoni, Palembang.

Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin yang memberikan hadiah kepada para pemenang berpesan jika tujuan utama dari lomba tersebut bukanlah untuk mendapatkan hadiah sapi. Tapi kebersamaan dan keyakinan kalau kita mau, pasti kita bisa. Bagaimana semangat membangun, dan inisiatif bersama membikin indah kampung sendiri, kata Alex di Griya Agung, Selasa, 12 Juni 2018.

Dalam kesempatan tersebut, Alex tak henti mengingatkan jika promosi yang dilakukan Palembang sebagai tuan rumah Asian Games XVIII selain Jakarta sudah melakukan upaya yang maksimal. Kali ini pun kegiatan digawangi anak-anak muda dari komunitas Youth Care Asian Games (YCAG) yang bergerak sendiri untuk turut berpartisipasi mempromosikan Asian Games di Palembang secara viral. Sekarang anak-anak muda yang bergerak. Dan ini pun bukan sembarang anak muda, tapi anak muda yang berkompeten, ujarnya.

Camat Bukit Kecil Ahmad Furqon, pemenang pertama, merasa senang karena kampungnya bisa memenangkan lomba tersebut. Dia mengatakan jika kampung Cempaka menang karena sesuai konsep yang disyaratkan oleh panitia. Selain itu, kampungnya dinilai juga karena cukup kreatif, antusias masyarakat yang tinggi, ada penghijauan, bersih dan rapi.

Awalnya kampung tersebut bisa dikatakan kumuh dan masyarakat kepengen supaya lapangan kumuh tersebut berubah. Warga antusias ditambah ada Lomba Kampung Hias Asian Games, ujarnya.

print