Mengintip Hasil Karya Anak Lapas di Balik Penjara

0
14

Arto

[Salah satu karya sablon manual siswa LPKA yang di cetak melalui baju – foto Arto beritasebelas]
beritasebelas.com,Palembang – Terdampar dibalik jeruji besi tak kemudian membuat seorang anak mati kreativitasnya. Apalagi bagi mereka yang usia sekolah yang memiliki daya kreativitas tinggi. Hanya saja, akibat ulahnya ia kemudian berkreativitas di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas)

Benar saja, meski masih berstatus sebagai siswa binaan Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas 1 Pakjo. Siapa sangka siswa LPKA sudah berhasil membuat karya sendiri. Hal ini terlihat dari salah satu karya sablon baju yang dibuat secara manual oleh siswa LPKA.

Sebagai Kasi Pembinaan LPKA Kelas 1 Pakjo Fuad mengatakan memang betul dalam beberapa bulan lalu, LPKA memiliki sebuah alat pencetak sablon secara manual. Makanya untuk menjadikan siswa tidak jenuh selama dibinaan LPKA.

“Kita mengajak mereka untuk membuat sebuah desain baju sendiri, alhamdulilah siswa kami mendapat pelatih dari Palcomtech,” terangnya, Senin 11 Juni 2018.

Tentu pihaknya merasa bersyukur. sebab untuk pembuatan sablon ini pastinya harus memiliki modal yang cukup mahal. Alhamdulilah LPKA dapat sumbangan berupa alat sablon manual.

“Berhubung alat sudah diberikan, tinggal kita mengajarkan mereka bagaimana cara pembuatan. Sebagian siswa LPKA sudah mulai mahir membuat sablon baju,” jelasnya.

Model sablon sendiri dibuat melalui media komputer, setelah bentuk jadi kemudian dicetak dan pensablon manual ditempel ke media baju diinginkan.

“Kami sendiri masih belum mau memasarkan hasil karya siswa ke orang luar, soalnya sablon sendiri hanya digunakan untuk wilayah dalam LPKA saja,” ungkapnya.

Harapan pihak LPKA, dengan adanya sablon manual tersebut.

“Siswa bisa lebih kreatif, mereka juga bisa membuat baju dengan modelnya sendiri. Meskipun tidak sebagus dengan baju di Mall, akan tetapi kita sangat menghargai apa yang dilakukan siswa LPKA ini,” tegasnya.

print