Menjelang Arus Mudik, Pelindo Siapkan Posko Bagi Pemudik

0
22

Yudiansyah

beritasebelas.com,Palembang – Dalam meningkatkan pelayanan bagi pemudik yang hendak pulang kampung, Perusahaan Pelabuhan Indonesia (Pelindo) II (Persero) Cabang Palembang tambah jam operasional pelayaran untuk melayani arus mudik lewat jalur perairan.

“Kita mulai melakukan penambahan jam operasional dari H-7 lebaran hingga H+7 lebaran Idul Fitri tahun 2018 ini,” General Manager PT Pelindo II Cabang Palembang, Agus Edi Santoso disela-sela kegiatan buka puasa bersama awak media, Rabu 30 Mei 2018 malam.

“Jadi biasanya operasional angkutan perairan dari Pelabuhan Boom Baru itu hanya empat kali dalam satu minggu, mulai H-7 operasional jadi setiap hari,” jelasnya.

Dikatakannya, operasional angkutan Boom Baru biasanya hanya empat kali dalam satu minggu.  Menurutnya, penambahan operasional selama H-7 lebaran dan H+7 lebaran tersebut, akan terjadi peningkatan 100 sampai 170 persen. Hal itu merujuk pada arus mudik yang terjadi pada lebaran tahun lalu.

“Peningkatan pemudik memakai jasa transportasi laut cenderung meningkat sebesar 170 persen,” terangnya.

Disinggung  Posko mudik lebaran di Pelabuhan,  Agus mengungkapkan,  sudah melakukan koordinasi terkait dengan beberapa institusi terkait seperti Kepolisian, TNI, Basarnas termasuk Kesehatan Pelabuhan, KSOP dan dari Pelindo sendiri.

“Belum lama ini itu juga sudah ditekankan oleh Menteri Perhubungan langsung terkait fasilitas keamanan jalur mudik perairan di Palembang,” terangnya.

Posko yang didirikan, akan lebih mengintensifkan terkait dengan keamanan di pelabuhan. Dimana, semuanya akan lebih terintegrasi selama mudik lebaran.

“Seperti yang disebutkan, institusi terkait yang terlibat dalam pengamanan yang lebih terintegrasi. Karena, pelabuhan adalah salah satu objek vital yang perlu mendapat pengamanan ekstra selama H-7 dan H+7 lebaran,” ulasnya.

print