Menteri Kesehatan Soroti Kualitas Kerjasama Rumah Sakit Pendidikan

0
23

Arto

[Menteri Kesehatan RI Nila Djuwita Moeloek didampingi Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin saat membuka Muktamar ARSPI – foto Arto beritasebelas]
beritasebelas.com,Palembang –  Menteri Kesehatan RI Prof Dr dr Nila Djuwita Moeloek SpM (K) mendukung langkah Asosiasi Rumah Sakit Pendidikan Indonesia (ARSPI) dalam mendorong untuk peningkatan kualitas SDM dosen dan terkualifikasi. Apalagi, ARSPI sebagai organisasi Rumah Sakit Pendidikan turut memberikan ide dan solusi tentang berbagai isu kesehatan yang berkembang saat ini.

Demikian disampaikan Menteri Kesehatan RI saat membuka Muktamar ARSPI di Hotel Horison Ultima, Jumat 2 Maret 2018. Didampingi Gubernur Sumatera Selatan H Alex Noerdin, ia mengajak agar seluruh perguruan tinggi yang memiliki Fakultas Kedokteran agar lebih memaksimalkan sinergitas terhadap rumah sakit.

“Jadi kita ingin ada sinergitas yang lebih lagi mengenai sistem pendidikan dalam hal ini perguruan tinggi terhadap rumah sakit,” terang Moeloek usai membuka Muktamar ARSPI.

Menurutnya ada dikotomi yang berbeda bagaimana perguruan tinggi dalam menyediakan tenaga pengajar. Baik itu dalam hal tenaga dosen pendidik atau pun tenaga dosen pelayanan.

“Misalnya untuk ahli jantung bisa belajar ke disini (rumah sakit-red) tapi untuk diare cukup di Puskesmas,”jelasnya.

Senada dengan itu disampaikan oleh Direktorat Jenderal Layanan Kesehatan Kementerian Kesehatan RI Dr dr Bambang Wibowo menyampaikan bahwa ada tantangan tersendiri bagi rumah sakit pendidikan dalam memberikan pelayanan kesehatan baik dalam hal SDM, sarana dan prasarana termasuk alat farmasi.

“Juga tata kelola, pembiayaan, mutu layananan dan juga hubungan antara pendidikan dan rumah sakit,” jelasnya.

Terkait mutu, Bambang Wibowo mengakui dijajaran Puskesmas memang perlu adanya peningkatan. Mengingat dari sekian data Puskesmas di Indonesia masih minim yang terakreditasi.

“Kita punya 9.900 Puskesmas Pendidikan dan hanya 1 persen yang terakreditasi,” pungkasnya.

print