Misi Sulit Sriwijaya Kontra Bhayangkara

0
21
[Punggawa Sriwijaya FC mengikuti sesi latihan sebelum kontra Bhayangkari FC – foto Anugrah beritasebelas]

Anugrah

beritasebelas.com, Palembang – Pekan ke-25 Liga 1, Sriwijaya FC akan bertamu ke markas Bhayangkara FC di Stadion Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK), Jakarta, Jumat 12 Oktober 2018.

Laskar Wong Kito datang dengan krisis pemain. Tiga pemain yakni Alberto Goncalves, Esteban Vizcarra dan Zulfiandi bergabung Timnas Indonesia dalam agenda dua laga uji coba Internasional.

Dua pemain Syahrian Abimanyu dan Samuel Simanjuntak memperkuat Timnas U-19 jelang Piala Asia U-9. Senterbek Al Hadji terkena akumulasi kartu kuning. Dua pemain lagi, yakni Ichsan Kurniawan dan Nur Iskandar masih dalam proses penyembuhan cedera lutut dan hamstring. Belum lagi, ada lima pemain muda Sriwijaya FC memperkuat SFC U-19 yang turun di Liga 1 U-19.

Menyisakan 14 pemain yang ada, dengan 11 starting, otomatis hanya ada tiga pemain cadangan. Itu pun satu pemain yakni berposisi kiper, Dicri Yusron. Kendati demikian, manajemen Sriwijaya FC terus berupaya untuk meminjam Beto, Vizcarra dan Zulfiandi untuk turun melawan Bhayangkara FC.

Namun, sampai Kamis 11 Oktober 2018 sore, sepertinya PSSI belum memberikan izin. Pelatih Kepala Sriwijaya FC Subangkit menyebut, jika upaya pelatih dan manajemen untuk memulangkan tiga pemain Timnas itu terbilang sangat kecil peluangnya.

“Sepertinya sulit, PSSI khawatir muncul kecemburuan. Kalau pemain SFC bisa dipinjam tim lain jadi bertanya kenapa pemain mereka tidak bisa,” ucapnya.

Oleh karena itulah, jajaran pelatih terpaksa memberdayakan amunisi yang ada untuk dapat mencuri poin dari kandang Herman Dzumafo dan kawan-kawan.

Cak Su pun menyebut jika ia telah meracik taktik dan strategi dengan menyesuaikan materi pemain yang tersisa. Namun, tentunya ia menolak menyebutkan skema yang bakal dimainkan. Melihat materi pemain yang ada, fakem Sriwijaya FC 4-2-3-1 sebenarnya tak bisa diterapkan. Itu karena diposisi gelandang bertahan hanya menyisakan Yu Hyun Koo.

Zulfiandi bergabung Timnas senior, Syahrian Abimanyu bersama Timnas U-19, Ichsan Kurniawan cedera lutut, dan Robby Andika bela SFC U-19. Jika harus memakai fakem itu, maka wing bek Ahmad Faris bisa saja disulap jadi gelandang bertahan.

Memaksakan formasi 4-4-2 ataupun 4-3-3 bisa saja dilakukan tapi mengabaikan pertahanan. Sriwijaya FC bertindak sebagai tim tamu. Bhayangkara FC sudah pasti bakal tampil menekan sejak awal pertandingan.

“Bhayangkara FC pasti bakal bermain menyerang dan ngotot. Apalagi mereka kurang maksimal di tiga laga akhir. Materi pemain bagus dan main di kandang, mereka pasti akan terus menyerang,” ujarnya.

Kendati demikian, Subangkit menegaskan jika pelatih sudah punya taktik dan strategi untuk dapat mencuri poin. Pemain akan menjalankan instruksi itu.

“Kita hanya berharap pemain kerja keras dan tidak kehilangan semangat,” ucapnya.

print