Mobil Ambulance Bantuan UNEFA PBB Kini Jadi Barang Rongsokan

0
3
[Kondisi Mobil Ambulance Bantuan UNEFA PBB kini jadi barang rongsokan – foto A Yudiansyah beritasebelas]

A Yudiansyah

beritasebelas.com,Lahat – Sebuah mobil Toyota LC bantuan dari United Nations Population Found dari Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) UNEFA untuk Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Lahat kini terparkir dengan kondisi tak bisa dipakai, dan rusak berat.

Toyota Land Cuiser long body built up buatan Eropa tahun 2002 ini, di Sumatera Selatan hanya ada 3 unit yaitu Kabupaten Muba, Muara Enim dan Lahat. Hal ini dijelaskan oleh Kabag Tata Usaha RSUD Kabupaten Lahat Hermansyah saat ditemui awak media diruang kerjanya.

Lebih lanjut Hermansyah mengakui jika kondisi mobil bantuan dari UNEFA PBB ini kondisinya sudah rusak dan tidak bisa diperbaiki lagi. Mobil tersebut kini hanya menjadi rongsokan, pemanis garasi Rumah Sakit Umum Lahat.

“Kondisinya rusak parah. Untuk perbaikan bisa menelan biaya yang sangat mahal,” ungkapnya, Kamis 15 Agustus 2019.

Selain mobil merek Toyota Land Cuirser pembuatan tahun 2002 bantuan dari UNEFA, RSUD Lahat juga memiliki Ambulance jenis Volk Wagon (VW) tahun pembuatan 2014. Namun, untuk Toyota Land Cruiser kondisinya sudah jadi rongsokan.

“Ini sudah pernah diusulkan ke pusat untuk dihapuskan, namun pihak dari pusat tidak menerima untuk dihapuskan, dan ini masih milik aset negara hingga sekarang belum bisa untuk dilelang,” kilah Hermasyah.

Dari informasi di dapat, mobil Toyota Land Cruiser jenis ambulance dengan nopol B 2302 EX pembuatan 2002 masa berlaku 15/05/2002 sampai dengan 14/05/2005  sempat menghilang dari RSUD Lahat. Namun, saat dilihat kini kondisi mesin mobil sudah banyak diganti diduga mesin mobil Toyota LC Built Up asal Eropa ini sudah tidak asli lagi.

Pantauan dilapangan, kondisi mobil Toyota Land Cuiser mewah ini dalam keadaan ditutup sarung, mobil nampak tidak terawat, mesin rusak, dan tidak bisa digunakan.

print