Momen Ramadhan, Tak Surutkan Siswa Jalani UAS

0
11

Arto

[Suasana Ujian Akhir Sekolah di SDN 114 Palembang – foto Arto beritasebelas]
beritasebelas.com,Palembang – Momentum bulan suci Ramadhan 1439 Hijriyah kali ini para pelajar dihadapkan pada pelaksanaan Ujian Akhir Sekolah (UAS) secara serentak. Baik jenjang SD, SMP hingga SMA.

Meski bulan puasa, namun tak menyurutkan siswa dalam menjalani UAS, lantaran penilaian UAS menjadi salah satu indikator penentuan kenaikan kelas. Saat pantauan, terlihat siswa SD Negeri 114 Palembang tetap berativitas seperti biasa, meskipun sedang menjalankan puasa, namun siswa tersebut dengan semangat mengerjakan soal ujian semester.

Kepala Bidang SD Dinas Pendidikan Kota Palembang Bahrin mengatakan sebelum mulai bulan puasa, pihak Dinas Pendidikan sudah menginstruksikan para SD untuk libur selama 3 hari. Lalu mereka harus masuk kembali pada hari Senin 21 Mei 2018 untuk menyelesaikan ujian semesterannya.

“Ya, kita sudah meminta Kepala SD agar tetap melanjutkan aktivitas belajar dan mengajar, akan tetapi kita meminta sekolah agar memperbanyak pembelajaran yang Islami, meskipun sedang menjalankan ibadah puasa. Disdik pun meminta mereka mengurangi jam belajar dan memundurkan jam masuk sekolah,” katanya.

Kepala SD Negeri 114 Palembang Nurmala Dewi mengatakan sesuai instruksi edaran Dinas Pendidikan Kota Palembang hari Senin siswa/i sudah harus beraktivitas dalam pembelajaran.

“Berhubung jadwal Senin ada ujian semesteran selama 5 hari, makanya siswa yang kelas 3, 4 dan 5 harus mengikuti ujian semesteran dulu, dan berhubung kelas 1 dan kelas 2 sudah lama menggelar ujian semesteran makanya mereka masih tetap libur, sedangkan guru sekolah sudah harus memasuki kerja,” katanya.

Untuk jadwal ujian semesteran memang digelar serentak oleh SD Kota Palembang, jadwal digelar selama 2 sesi, diantaranya pertama dari pukul 07.30 Wib sampai pukul 09.00 Wib. Lalu disambung lagi pukul 09.30 Wib sampai pukul 11.00 Wib. Soal ujian semesteran sendiri dibuat oleh tim pergugus kecamatan, lalu pengawas ujian dilakukan secara silang antar sekolah.

“Ya, kalau pengkoreksian jawaban siswa/i sendiri dilakukan oleh tim gurunya masing-masing. Disini kami menggunakan metode Kurikulum 2013 (K-13) dengan sebuah tema, jadi semua mata pelajaran kita masukan kedalam ujian semesteran ini,” jelasnya.

Apalagi pengerjaan ujian semesteran  dikerjakan saat bulan puasa. Namun itu tidak menghalangi siswanya menjadi kendala untuk mengerjakan ujian tersebut.

“Siswa yang ikut ujian berjumlah 455 orang, malahan dari yang kami lihat saat pertama ujian dimulai, mereka tetap semangat mengikuti ujian semesteran, meskipun sedang menjalan ibadah puasa,” ungkapnya.

Salah satu peserta ujian semesteran kelas 4 di SD Negeri 114 Palembang Fitri, saat ditanya mengenai persiapan ujian semesteran, Ia menjawab pertama banyak-banyak belajar dan berkonsentrasi. Soalnya sekarang sedang menjalani puasa ketiga, sudah tentu tidak boleh terlalu banyak bermain ataupun berbicara, karena akan menyebabkan badan semakin lesu dan cepat haus.

“Hari Senin ujian pelajaran mengenai tema 6 yakni pelajaran IPA, IPS dan Agama. Alhamdulilah ujian pertama tidak ada kendala,” pungkasnya.

print