Netralitas ASN Lahat Dipertanyakan

0
84
[Ketua Bawaslu Kabupaten Lahat]

Ahmad Yudiansyah

beritasebelas.com,Baturaja – Beberapa hari terakhir, khususnya di Kabupaten Lahat, masyarakat mulai mempertanyakan netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) yang seharusnya tidak berpihak dari segala bentuk pengaruh mana pun dan tidak memihak kepentingan siapa pun.

Melihat hal ini, Ketua Bawaslu Kabupaten Lahat, Andra Juarsyah SP.d, MP.d angkat bicara. Andra meminta kepada Pemerintah Kabupaten Lahat agar menghimbau para ASN untuk menjaga netralitas yang sudah diatur dalam pasal 9 ayat (2) Undang-Undang nomor 5 tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara.

“ASN harus bebas dari pengaruh dan intervensi semua golongan dan partai politik. Hal ini sudah jelas bahkan tertuang dalam Undang-undang,” jelas Andra saat dibincangi diruang kerjanya, Kamis 11 Oktober 2018.

Dalam konteks pemilihan kepala daerah (Pilkada), hingga Pileg dan Pilpres yang akan berlangsung pada 17 April 2019, prinsip netralitas ASN ini selalu menjadi perbincangan hangat di berbagai kalangan. Wajar saja, kekhawatiran akan ke berpihakan ASN kepada salah satu pasangan calon, menjadi alasan utamanya.

“Contohnya dalam acara silaturahmi yang diadakan oleh salah seorang Caleg DPR RI yang berasal dari Lahat, banyak ASN yang hadir, bahkan ikut berfoto dengan menggunakan simbol yang menyatakan dukungan. Hal ini tentu saja membuat masyarakat kita mempertanyakan netralitas para ASN tersebut,” ujarnya.

Untuk itu, Andra berharap agar pemerintah Kabupaten Lahat lebih aktif mengawasi para ASN untuk menjaga netralitas. Memang, sambung Andra, pada dasarnya setiap warga negara memiliki hak pilih, termasuk ASN. Hal ini dijamin secara tegas dalam konstitusi kita. Tetapi hendaknya hak pilih ASN tersebut tidak dinyatakan secara terbuka, sehingga cenderung menjadi bentuk kampanye yang sifatnya mengarahkan dukungan kepada salah satu pasangan calon.

“Kalau hal ini di pahami secara benar oleh para ASN, tentu independensi para ASN tersebut tetap terjaga tanpa menghilangkan hak pilihnya,” pungkasnya.

print