Palembang Kembangkan Perpustakaan Digital

0
2

[foto : Tri/beritasebelas.com]

Tri

beritasebelas.com, Palembang – Guna meningkatkan minat baca masyarakat, Pemkot Palembang melalui, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Palembang, akan kembangkan perpustakaan digital yang dapat diakses masyarakat dengan menggunakan telepon seluler.

“Melihat penomena perkembangan teknologi saat ini, kita akan mengembangkan perpustakaan digital atau e-book, tujuannya adalah untuk meningkatkan minat baca masyarakat. Sehingga telepon selular bisa dimanfaatkan untuk sesuatu bermanfaat, bukan sebaliknya,” kata Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Palembang, Gunawan Gentimat, usai, sosialisasi minat baca perpustakaan kelurahan dan taman baca masyarakat (TBM), di Hotel Aston Palembang, Rabu (9/10).

Mantan Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Palembang ini mengatakan, pihaknya sudah melakukan inovasi, untuk meningkatkan minat baca masyarakat melalui, kerjasama dengan penerbit Kubuku. Tapi penerbitnya hanya boleh dari Kubuku. Untuk lebih memperluas dan menyikapi perkembangan zaman, pihaknya akan membuat website sendiri yang nantinya berbagai penerbit bisa masuk. Artinya lebih luas.

“Perpustakaan digital bisa diakses oleh siapapun. Apalagi milineal yang kita ketahui semua akses bisa dijangkau hanya dari telepon selular atau biasa disebut dunia dalam genggaman, kalau tidak kita iringi dengan hal positif, bisa saja membahayakan, perpustakaan digital merupakan salah satu jawaban untuk memanfaatkan tekhnologi,” ujarnya.

Menyikapi perkembangan dunia tekhnologi saat ini, suami dari Desainer kondang Tria Gunawan ini mengaku, minat baca harus ditingkatkan, terutama bagi milineal dengan rentan usia 14-35 tahun, untuk menghindari hal-hal negatif.

“Nanti semua macam buku ada dalam perpustakaan digital milik Pemkot Palembang ini. Misalnya tentang keterampilan, usaha, pengetahuan umum, dan lainnya. Perpustakaan yang kita miliki saat ini sebenarnya sudah cukup lengkap, tapi, untuk mengimbangi kemauan masyarakat dan perkembangan zaman, kita harus berinovasi,” katanya.

Ia menambahkan, bagi masyarakat yang ingin menjadi anggota perpustakaan kota Palembang bisa datang langsung ke kantor Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Palembang, di daerah Lemabang.

“Kalau dulu keanggotaan menggunakan kartu kertas biasa, sekarang sudah menggunakan kartu seperti ATM dilengkapi foto. Tidak perlu lama untuk membuatnya cukup lima menit selesia. Langsung terdata sebagai anggota perpustakaan daerah kota Palembang. Kami juga sudah menyediakan Wi-Fi gratis kepada pengunjung dan di mobil keliling perpustakaan yang jumlahnya 3 buah, dimana mobil itu berada pasti bisa internet Wi-Fi , hal itu dilakukan untuk menarik minat masyarakat, kami juga harapkan peran Lurah dalam mensosialisasikan minat baca kepada masyarakat, saat ini taman baca kita ada 20 titik yang tersebar di Metropolis,” pungkasnya.

print