Pangdam II Sriwijaya Resmikan Markas Kodim Banyuasin

0
18

Haqulana

[Pangdam II Sriwijaya bersama Bupati Banyuasin melakukan peresmian Kantor Kodim Banyuasin – foto Haqulana beritasebelas]
beritasebelas.com,Banyuasin – Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) II Sriwijaya Mayjen TNI AM Putranto, S.Sos., meresmikan Kantor Komando Distrik Militer (Kodim) 0430 Banyuasin di Pangkalan Balai. Disaksikan Bupati Banyuasin  SA. Supriono, Pangdam memimpin upacara dan membunyikan sirine tanda diresmikannya penggunaan gedung.

Pagdam II Sriwijaya berharap pembentukan Kodim yang baru ini dapat mendukung efektivitas keamanan dan mendukung terwujudnya kesejahteraan masyarakat.

“Selaku Pangdam II Sriwijaya dan mewakili KSAD, saya ucapkan terima kasih kepada Bupati Banyuasin dan jajaran legislatif Banyuasin, tokoh agama, dan tokoh masyarakat,”ujar Pangdam  Senin 9 April 2018.

“Kebutuhan ini sudah lama diminta oleh Forkopimda, disadari bahwa Kodim 0401 Muba Banyuasin tidak dapat bekerja maksimal dalam membawahi Kabupaten Muba dan Banyuasin yang sangat luas. Berdasarkan pertimbangan itu maka perlu dikembangkan lagi menjadi 0430 Banyuasin” jelas Pangdam

Menurutnya, TNI AD memandang bahwa eksistensi komando kewilayahan masih sangat relevan dan dibutuhkan sebagai ujung tombak pelaksanaan tugas TNI AD yang menjalankan keamanan wilayah di pertahanan darat.

“Misi yang diemban oleh Kodim adalah bersama-sama pemerintah daerah melaksanakan pembangunan nasional disemua aspek kehidupan. Kodim menjadi mitra tugas bersama polri dan pemerintah daerah” lanjutnya.

“Saya berharap dengan sinergitas akan mewujudkan daya tangkal yang tangguh guna mendeteksi, mencegah dan menanggulangi secara dini terhadap setiap gejala dan indikasi yang mengancam persatuan dan kesatuan bangsa dan negara,” harap Pangdam AM Putranto.

Dia mengatakan keberadaan Kodim 0430 Banyuasin harus segera diikuti dengan pembangunan sinergitas dengan kepolisian, aparat pemerintah, tokoh agama, dan tokoh masyarakat di Banyuasin. Sehingga secara dini setiap gejala dan indikasi yang mengancam persatuan dan kesatuan bangsa dan negara dapat segera diantisipasi.

Bupati Banyuasin SA Supriono, mengungkapkan apresiasi dan rasa terima kasih atas diresmikannya Kodim 0430 Banyuasin.

“Forkopimda Kabupaten Banyuasin sudah hampir lengkap, tinggal menunggu satu lagi yaitu Pengadilan Negeri Banyuasin.” ungkap Bupati Supriono.

Pemerintah Kabupaten Banyuasin berharap dengan adanya Kodim, dapat bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten Banyuasin dalam melakukan kegiatan. Utamanya dalam upaya pencegahan kebakaran hutan dan lahan serta mensukseskan perhelatan akbar Asian Games ke-18.

“Apalagi persoalan peningkatan produksi beras, bekerja sama dengan TNI mudah-mudahan surplus beras di Banyuasin akan semakin bertambah” pungkasnya.

Setelah melakukan peresmian gedung Kodim 0430 Banyuasin, Pangdam didampingi Bupati Banyuasin dan Wakapolda Sumatera Selatan melakukan penanaman pohon di halaman Kantor Kodim, yang dilanjutkan dengan melakukan pengguntingan pita. Pada kesempatan itu, Bupati Banyuasin menyerahkan bantuan hibah berupa satu unit kendaraan kepada Pangdam II Sriwijaya.

Kodim 0430 Banyuasin berasal dari pemekaran Kodim 0401 Muba-Banyuasin. Dengan diresmikanya Kodim 0430 Banyuasin, akan membawahi Koramil Pangkalan Balai, Koramil Betung, Koramil Mariana, Koramil Sungsang, dan Koramil Talang Kelapa.

Hadir dalam peresmian antara lain Pangdam II Sriwijaya Mayjen TNI A.M. Putranto, S.Sos., Wakapolda Sumatera Selatan Brigjen Pol Drs Bimo Anggoro Seno, MH.,  Kol Inf Iman Budiman, SE., Dandim 0401 Muba Letkol Czi Mulyadi, S.IP., Kapolres Banyuasin AKBP Yudhi Markus Pinem, S.Ik., Kakankemenag Banyuasin H Abadil, S.Ag., M.Si, Sekda Banyuasin Dr Ir H Firmansyah, M.Sc., para Asisten, Para Kepala OPD Banyuasin, tokoh masyarakat dan tokoh agama.

print