Pedagang Batu Akik Rela Tempat Berjualan dijadikan Parkir

0
25
[Plh Walikota Palembang H Harobin Mustafa bersama pedagang dan pengrajin batu akik – Foto Yudiansyah beritasebelas]

Yudiansyah

beritasebelas.com,Palembang – Pedagang batu akik dikawasan bekas Bioskop Cineplex sepakat untuk direkolasikan didua tempat, yakni di Pasar Soak Bato atau di gedung Produksim milik Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan. Hal ini dikatakan Plh Walikota Palembang, Harobin Mustofa, Senin 6 Agustus 2018.

Dikatakannya, Pemerintah Kota Palembang telah melakukan mediasi dengan pedagang dan pengerajin batu akik untuk dipindahkan.

“Ada dua lokasi menjadi alternatif pemindahannya, yang pertama kita tawarkan di Pasar Soak Bato dan di Gedung Produksim milik Pemprov semua setuju, “katanya.

Ia menambahkan, mengenai keluhan pedagang mengenai kemungkinan tidak adanya pengunjung dilokasi barunya nanti, Harobin menilai, kalau pedagang harus kompak untuk pindah semua ke sana. Sebab bila semua pedagang batu akik pindah ke sana, menurutnya, secara otomatis para pecinta batu akik tersebut akan ke sana dengan sendirinya.

“Intinya Pemkot tidak akan menelantarkan mereka, kita usahakan mereka tetap berdagang. Mengenai kapan mereka pindah, akan direncanakan pada pekan ini juga, dan tempat mereka yang lama akan segera dibersihkan oleh anggota Polisi Pamong Praja,” tambahnya.

Sedangkan salah satu pedagang batu akik yang akrab disapa Yusuf mengatakan, dari hasil mediasi yang dilakukan secara bersama ini pihaknya menyetujui dua lokasi alternatif pemindahan sentra batu akik tersebut.

“Tadi ditawarkan tempat dua alternatif yaitu Pasar Soak Bato dan gedung milik Pemprov. Intinya kami menerima kebijakan yang dilakukan Pemkot, dalam diskusi tersebut ada beberapa kebijakan yang dilepaskan seperti retribusi gratis yang disampaikan oleh pak Harobin tadi,”singkatnya.

print