Pemerintah Kota Kembali Terpilih Pengembang SIMBG

0
53
[Kantor Walikota Palembang]

Yudiansyah

beritasebelas.com,Palembang – Pemerintah Kota Palembang kembali menjadi pionir dalam mengembangkan  Sistem Infomasi Manajement Bangunan dan Gedung (SIMBG) yang dibuat oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU-Pera), pertama kali di ujicoba  di Kota Palembang.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP), Akhmad Mustain melalui Kepala Bidang Kebijakan Pengaduan dan Pelaporan (PKP) Arif Akhadi menerangkan, ujicoba SIMBG baru pertama kali diterapkan kota Pempek.

“Kerja keras Pemkot Palembang membuahkan hasil, berkat kunjungan tim Penanaman modal pada 18 april lalu serta komitmen jadi kita dipercaya menjadi pionir pelaksanaan aplikasi SIMBG,”katanya.

Ia menyebutkan, jika Palembang diantara tiga kota di Indomesia, dimana SIMBG menjadi project percontohan untuk mempermudah sistem pelayanan.

“Jadi akan ada penyederhanaan terintegrasi, kemudian datanya lebih aman dan lebih sistematis,” ungkapnya.

Saat ini, pemerintah pusat terus mendengungkan sistem aplikasi berbasis Online Sistem Submision (OSS). Jadi, pemanfaatan satu data untuk bersama-sama instansi terkait dan bisa langsung dimanfaatkan.

Dengan begitu, SIMBG ini pada saatnya nanti, bisa diterapkan secara definitif dan terintegrasi langsung dengan Kementerian PU-Pera, tanpa ada permintaan dan laporan yang dibuat pemerintah di daerah.

“Hanya dengan sekali klik, MPR punya datanya, kementerian punya datanya dan bisa diawasi langsung Walikota, Wakil Walikota dan Sekretaris Daerah, ” singkatnya.

print