Pemkot Terus Dorong Kesejahteraan Guru Honor

0
18

Yudi

beritasebelas.com,Palembang – Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang bakal terus mengupayakan kesejahteraan guru honor di wilayahnya. Hal ini diungkapkan oleh Wakil Walikota Palembang Fitrianti Agustinda (Fitri) disela Peringatan Hari Guru Nasional (HGN) 2017 yang jatuh pada tanggal 25 November 2017.

Menurut Fitri, sosok guru memang benar-benar adalah sosok pahlawan tanpa tanda jasa, mengingat perjuangannya untuk mendidik serta mencetak generasi yang intelek dan berkarakter.

Wakil Walikota Palembang pada peringatan hari guru nasional – Foto Yudi beritasebelas]

Namun seiring perjalanannya, diakui Fitri, perlu juga diperhatikan kesejahteraannya khususnya guru yang masih berstatus honorer.

“Saat ini kita sudah memberikan insentif tambahan kepada guru honorer yang sebesar Rp 500 ribu per bulannya. Dan akan kita upayakan akan ditingkatkan nominalnya sesuai dengan anggaran yang ada,” ujar Fitri disela peringatan HGN 2017 di PSCC, Sabtu 25 November 2017.

Selain pemberian insentif, Fitri juga menjelaskan, bahwa akan ada pemberian SK Walikota kepada guru honor yang sudah mempunyai Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Pendidik (NUPTK) dan memenuhi syarat lainnya.

“Pemberian SK ini akan dilakukan secara bertahap sesuai dengan kuota guru yang telah memenuhi syaratnya,” tambahnya.

Sementara itu, Gubernur Sumatera Selatan  H Alex Noerdin yang turut hadir di acara tersebut meminta, agar setiap kepala daerah di Provinsi Sumatera Selatan dapat memperhatikan kesejahteraan guru honorer. Sebab ia menilai, sudah tidak wajar lagi guru yang dibayar dengan uang hanya Rp 150 – Rp 300 ribu per bulannya.

“Ibu Fitri, kalau bisa insentifnya ditambah, lebih dari Rp 500 ribu,” ucap Alex dalam sambutannya.

Terpisah, Ketua Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Sumatera Selatan Ahmad Zulinto menambahkan, saat ini memang masih ada guru yang dibayar dengan upah yang sangat miris. Maka dari itu, pihaknya telah beraudiensi dengan kepala daerah untuk mendongkrak kesejahteraan guru dan saat ini sudah mulai membaik.

“Kita apresiasi Pemkot Palembang yang telah mempelopori pemberian insentif bagi guru honor ini di Sumsel. Saya berharap ini akan terus diikuti oleh daerah lainnya dan nominalnya juga meningkat,” harapnya.

print