Persiapan Arus Mudik, Kementerian PU Mulai Benahi Jalan Antar Provinsi

0
9

[Petugas kini mulai melakukan perbaikan terhadap kerusakan sejumlah jalan di Jalan Lintas Tengah Sumatera Kecamatan Semidang Aji – foto: Bagus beritasebelas]

  Bagus

beritasebelas.com, Baturaja  –  Petugas dari Kementerian Pekerjaan Umum mulai mempersiapkan jalur mudik di Kabupaten OKU,  khususnya jalan Lintas Tengah Sumatera yang menghubungkan sejumlah propinsi di pulau Sumatera.

Salah satu persiapan dilakukan yakni perbaikan sejumlah titik kerusakan jalan, terutama lubang-lubang jalan serta gundukan yang mengakibatkan jalan bergelombang mulai dihancurkan menggunakan alat berat.

Menurut petugas, lubang dan gundukan tersebut nanti akan dibuat petak-petak kecil, kemudian di isi kembali dengan aspal (tambal sulam),  pengerjaan tersebut mulai dilakukan seminggu sebelum memasuki bulan Ramadhan lalu.

“Kalau kita pengerjaannya sebelum Ramadan lalu,  dimulai dari perbatasan OKU dengan Muara Enim ke arah Baturaja, semua yang berlubang atau rusak akan kita perbaiki kemudian di tambal agar tak membahayakan pengguna jalan,”ungkap Triyono salah satu petugas Kamis 9 Mei 2019.

Triyono tak mengetahui secara pasti apakah setelah ditambal sulam akan langsung di aspal kembali atau tidak,  menurutnya mereka hanya memperbaiki yang berlubang dengan cara tambal sulam untuk kelancaran arus mudik lebaran tahun ini.

“Mungkin di aspal kembali, tapi pastinya kita tidak tahu karena kita hanya mengerjakan yang berlubang dulu, paling tidak kalau sudah mulai arus mudik kondisi jalan sudah lumayan tidak banyak yang berlubang lagi,” jelasnya.

Meski tahun ini jalan tol Bakauheni-Palembang mulai aktif, diperkirakan masih cukup banyak pemudik yang akan melewati jalan Lintas Tengah Sumatera, karena banyak kabupaten dan provinsi yang tidak bisa dijangkau jika melewati tol Lampung-Palembang.

“Lewat tol nanti tembusnya lintas timur,  kalau yang mau ke Bengkulu cukup jauh memutar,  makanya kita masih yakin pemudik lewat jalan lintas tengah, terutama tujuan Padang,  Jambi,  Bengkulu dan beberapa kota di Sumsel sendiri,” ujar salah seorang pengelola rumah makan di Kecamatan Semidang Aji ini.

Pihaknya juga menyiapkan lahan parkir cukup luas bagi para pemudik yang ingin beristirahat, termasuk sarana ibadah dan sebagainya, meski lebaran masih cukup lama, namun mereka meyakini dua minggu sebelum lebaran sudah banyak pemudik akan melintas, karena bertepatan dengan musim libur sekolah.

“Biasanya 2 minggu sebelum lebaran itu sudah mulai ramai pemudik yang melintas, apalagi tahun ini bertepatan dengan libur sekolah dan cuti lebih awal,  kalo untuk istirahat halaman parkir kami mampu menampung 100 an mobil pribadi,” tutupnya.

print