Pesona Tuan Kentang Layak Jual

0
56

Yuansa

beritasebelas.com,Palembang – Kawasan pengrajin kain tenun di Kelurahan Tuan Kentang Kecamatan Seberang Ulu I Palembang, ternyata menyimpan pesona yang layak dijual didunia sebagai destinasi wisata sungai baru.

Demikian diungkapkan Deputi Menteri Pariwisata RI Bidang Pengembangan Destinasi. Dadang Rizki Rahman, Jumat 16 Juni 2017 saat meninjau pengrajin kain tenun Tuan Kentang didampingi Kepala Dinas Pariwisata Kota Palembang Isnaini Madani

[Deputi Menteri Pariwisata RI Bidang Pengembangan Destinasi. Dadang Rizki Rahman mengunjungi griya tenun songket di Kelurahan Tuan Kentang – Foto beritasebelas]
Menurut Dadang, Menteri pariwisata memiliki tugas dalam  mendorong dan mengembang wisata yang ada di Indonesia.

“Griya kain tenun dikawasan Tuan Kentang memiliki potensi berkembang, bukan hanya sebagai sentra kain tenun, namun juga pengembangan wisata lainya dalam menarik wisatawan untuk berkunjung kawasan ini, mengingat kawasan Tuan Kentang bisa dilalui via sungai,” ungkap Dadang saat melihat proses pengelolahan kain tenun kawasan Tuan Kentang

Dadang mengungkapkan, Kementerian Pariwisata akan membantu mengembangkan daerah perairan dikawasan sungai tersebut dengan mendorong adanya pembangunan Homes Stay.

“Kementerian Pariwisata akan bantu promosi. Apa lagi jika ada Home Stay yang tepat berada dipingiran Sungai Ogan merupakan anak Sungai Musi dipastikan akan lebih menarik wisatwan,” katanya.

Ia menambahkan, tidak hanya itu Pemerintah Kota Palembang kreatif dalam memanfaatkan peluang ini. Misalnya adanya cafe untuk tempat wisatawan yang datang bisa santai dahulu ketika selesai berbelanja.

“Bisa dipastikan akan memperkuat perekonomian masyarakat dikawasan Tuan Kentang ini,” ulasnya

Sedangkan, Kepala Dinas Pariwisata Kota Palembang Isnaini Madani mengatakan, kedatangan Deputy Kementerian Pariwisata RI ke  Kawasan Seberang Ulu I ini untuk melihat pengembangan pengrajin kain songket yang merupakan kerajinan tangan asli Palembang

“Mereka sangat apresiasi apa yang dilakukan Pemeritah Kota Palembang dalam membantu masyarakat,” katanya.

Selain itu menurut Isnaini, mereka menginginkan kalau Kawasan Tuan Kentang ini membangun Home Stay baik oleh masyarakat sendiri, maupun pemerintah dalam meningkatkan perekonomian warga.

“Mereka tertarik untuk mengembangkan kawasan Tuan Kentang ini, yang tepat berada di bibir sungai, dirasa memiliki nilai destinasi yang dipastikan akan menarik wisatawan,” sebutnya.

Salah satu pengusaha pengerajin kain tenun kawasan Tuan Kentang H Abdullah, mengatakan, dirinya bersama pengrajin lainya sangat senang akan keberadan Griya kain tenun ini.

“Dimana setelah adanya keberadaan griya kain tenun ini, memberikan dampak positif bagi dirinya dan pengusaha lainya,” singkatnya.

print