Petinggi Negara Rame-Rame Panen Raya di Banyuasin

0
26

Erika

[Bupati Banyuasin SA Supriono bersama Ketua MPR, DPR RI dan Menteri Pertanian melakukan panen raya di Desa Upang Marga Jalur 8 Kecamatan Air Salek Kabupaten Banyuasin – foto Erika beritasebelas]
beritasebelas.com,Banyuasin – Sejumlah Petinggi Negara Republik Indonesia melakukan panen raya padi sawah pasang surut di Desa Upang Marga Jalur 8 Kecamatan Air Salek, Senin 29 Januari 2018. Hadir diantaranya Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat RI Zulkifli Hasan, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Bambang Soesatyo, Anggota DPD RI Hj Asmawati, Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, dan Kepala Staf Presiden Jend. (Purn) Moeldoko.

Bupati Banyuasin disela-sela acara menjelaskan Program Upaya Khusus (Upsus) peningkatan produktivitas padi, jagung, dan kedele yang dilaksanakan oleh Kementerian Pertanian sejak 2015 telah terbukti dapat meningkatkan produktivitas padi di Sumatera Selatan.

Menurutnya hal ini menjadikan Kabupaten Banyuasin sebagai lumbung pangan Sumatera Selatan.

“Terjadi peningkatan seluas 283.563 hektar di tahun 2016, dimana tahun 2014 luas tanam padi sebesar 812.822 hektar,” jelas Bupati Supriono.

Tahun 2017, lanjutnya lagi, produksi padi gabah kering giling sebesar 1,4 juta ton. Sedangkan untuk bulan Januari – Februari produksi beras Sumatera Selatan sebesar 766.231 ton.

Ia melanjutkan, mewakili petani dirinya berharap pemerintah pusat jangan mengecewakan para petani lokal. Ia menambahkan pertanian bukan hal yang menjanjikan saat ini.

“Harapan kami kedatangan para petinggi mendatangkan angin segar bagi para petani di Banyuasin,” pintanya.

“Hal yang menjadi perhatian bersama adalah harga gabah kering yang cenderung menurun. Untuk itu pelaku bisnis usaha pertanian jangan menjatuhkan harapan kami dengan membuat rendah harga beras,” sambungnya.

Sedangkan Menteri Pertanian RI Amran Sulaiman membeberkan keberhasilannya dalam kurun waktu tiga tahun terakhir.

“Ini tahun ketiga Indonesia tidak impor beras, hasil kerja keras kita bersama. Tahun ini, komitmen kami menyerap 2,2 juta hingga bulan Juni, dahsyatnya jika harga beras turun. Kita sudah ekspor beras. Lahan Rawa yang selama ini hanya tanam satu kali, sekarang 2 kali, target ke depan 3 kali dalam satu tahun.  ” bebernya di depan petani.

Ia juga mengungkapkan kebanggaannya atas kehadiran Ketua MPR dan Ketua DPR dalam acara Panen Raya Padi ini. hari ini pertama kali ketua MPR dan DPR hadir.

“Saya sampaikan juga terima kasih dan penghargaan yang setinggi tingginya kepada para petani Indonesia, khususnya petani Banyuasin,” jelasnya.

“Kita menyaksikan bahwa betapa sesungguhnya produksi padi melimpah di Sumatera Selatan khususnya Kabupaten Banyuasin. Saya berharap petani dapat menerapkan teknologi dalam meningkatkan produktivitas padi,” jelasnya.

Ketua DPR RI Bambang Soesatyo mengingatkan betapa pentingnya keberadaan petani di Indonesia. DPR terus berupaya mendorong upaya perbaikan kesejahteraan petani.

“Terima kasih kepada Menteri Pertanian yang telah mendukung pembangunan pertanian melalui program/kegiatan yang didukung dengan anggaran,” kata pria yang akrab disapa Bamsoet.

Namun pihaknya masih berharap Kementan dapat memberikan tambahan anggaran pembangunan pertanian terutama untuk mendukung pemanfaatan dan pengoptimalan lahan-lahan rawa baik pasang surut maupun lebak di Banyuasin.

Hal senada diungkapkan Ketua MPR RI Zulkifli Hasan, akan kebutuhan beras Nasional perlunya upaya peningkatan produksi padi setiap tahunnya.

“Dalam konteks tersebut diperlukan berbagai terobosan-terobosan peningkatan produksi, salah satunya adalah oprimalisasi lahan-lahan rawa,” ungkap Ketua MPR.

“Kami sangat senang datang ke sini. Mendukung program Menteri Pertanian, kami ingin merasakan secara nyata apa yang terjadi.  Kami ingin petani di muliakan, dan petani disejahterakan.  Saya bilang, jangan impor beras. Waktu tanam harga bagus, waktu panen harga turun. Harga beras turun, petani menderita.” kata Ketua DPP PAN ini.

Ia berharap semoga ada perbaikan dalam persoalan pertanian di Indonesia.

“Mudah-mudahan kehadiran kami dapat memberikan manfaat bagi masyarakat petani. Untuk langkah awal, saya perintahkan bulog untuk membeli beras petani, masuk ke kampung-kampung beli gabah petani,” pungkasnya.

Sebelumnya, rombongan Ketua MPR, Menteri Pertanian, dan Bupati Banyuasin melakukan penanaman bibit padi dengan menggunakan mesin penanam padi.

Hadir pada panen raya tersebut, Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat RI Zulkifli Hasan, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Bambang Soesatyo, Anggota DPD RI Hj Asmawati, Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, Kepala Staf Presiden Jendenderal (Purn) Moeldoko, Wakasad Letjen TNI Tatang Sulaiman, Bupati Banyuasin Ir SA Supriono, MM, Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) Syarkawi Rauf, Kabareskrim Polri, Pangdam II Sriwijaya, dan Kapolda Sumatera Selatan.

print