Pjs Walikota Palembang, Resmikan Dua FO

0
16

Yudiansyah

[Pjs Walikota Palembang Akhmad Najib meresmikan penggunaan dua Fly Over di simpang Bandara dan Simpang Keramasan – foto Yudiansyah beritasebelas]
beritasebelas.com,Palembang – Dua  Fly Over (FO) Simpang Keramasan dan FO Simpang Bandara Tanjung Api-Api, akhirnya diresmikan untuk fungsional oleh Pjs Walikota Palembang, Akhmad Najib. Peresmian ini bertujuan untuk mendukung kelancaran arus lalulintas bagi para pemudik yang melintas‎ di Kota Palembang.

“Kita baru open traffic ya. Grand openingnya bareng dengan Musi IV, dan beberapa proyek di daerah lain,”ungkap Kepala Balai Besar Pembangunan Jalan Nasional V, Zamharir Basuni saat melakukan peresmian di atas FO Simpang Keramasan, Selasa 5 Juni 2018.

Dikatakannya, pembangunan FO Simpang Keramasan secara fisik sudah selesai 100 persen. Sehingga, pada peresmian fungsional ini, FO tersebut sudah bisa dilalui oleh kendaraan secara menyeluruh.

Sedangkan FO Simpang Bandara, sejauh ini pembangunan fisik baru mencapai 97 persen dan masih kendala pembangunan akses jalan dari arah Jalan Letjen Harun Sohar menuju ke Jalan Kolonel H Burlian.

“Untuk FO Simpang Bandara ini, baru bagian atas saja yang dibuka, sementara dibawah belum. Masih kita tutup, untuk sembari mengerjakan finishing,” jelasnya.

Secara teknis Zamharir menjelaskan, ‎FO Simpang Keramasan memiliki panjang 650 meter dengan lebar 18,8 meter menghabiskan anggaran lebih dari Rp 236 miliar. FO Simpang Bandara memiliki panjang 460 meter dengan lebar 17,7 meter dengan anggaran lebih dari Rp 159 miliar.

“Pembangunannya memang dilakukan secara bersamaan. Jadi selesainya juga harusnya bersamaan. Walaupun berbeda sedikit, tidak terlalu jauhlah,” ujarnya.

Menurut Zamharir, dibangunnya FO ini bertujuan untuk mengurai kemacetan di jalur persimpangan. Bertumpuknya kendaraan yang saling berebut dipersimpangan, diharapkan dapat diurai dengan baik baik.

“Sehingga dengan FO ini, semua lalulintas dapat berjalan dengan lancar dan baik,” tegasnya.

‎Pjs Walikota Palembang, Akhmad Najib mengaku bangga diresmikannya dua FO ini. Diharapkan dengan diresmikannya FO ini dapat mengurai kemacetan yang sering terjadi.

Najib mengaku, sebenarnya FO ini memang belum akan diresmikan. Namun, melihat bangunan FO yang telah selesai secara fisik, membuat Najib meminta agar FO ini dapat diresmikan secara fungsional.

“Sudah jadi, kenapa mesti ditunda, jalan tambah macet. Selain itu kalau tidak di pakai FO nya bakal rusak. Belum lagi dicoret-coret orang, dibuat kebut-kebutan,” jelasnya.

print