PPDB SMK Negeri Dibuka, Ratusan Peserta Mulai Penuhi Sekolah

0
302
[Suasana tes fisik PPDB di SMK Negeri II Palembang – Foto Arto beritasebelas]

Arto

beritasebelas.com,Palembang – Proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri se Sumatera Selatan telah dibuka pekan ini. Salah satunya di SMK Negeri 2 Palembang yang beralamat di Jalan Demang Lebar Daun, calon peserta didik bersama orangtuanya berbondong-bondong datang ke sekolah kejuruan ini.

Tercatat ada ratusan peserta yang datang untuk memverifikasi, memvalidasi dan finalisasi data mereka ke panitia yang sudah menunggu di aula sekolah, dan ada beberapa tahapan yang harus calon peserta didik SMKN 2 Palembang lewati sebelum akhirnya data mereka dinyatakan sah dan boleh mengambil nomor tes keahlian pada 23 Mei mendatang.

Tampak salah satu calon peserta didik yang terlihat sedang menunggu giliran cek fisik, M Riefky Eksyaftri merupakan siswa dari SMPN 16 Palembang ini mengatakan bahwa dirinya memilih jurusan Geomatika di SMKN 2 Palembang.

“Karena saya suka matematika jadi saya pilih Geomatika dan memang saya setelah tamat SMP saya  ingin melanjutkan sekolah di SMK, karena pengennya setelah sekolah langsung kerja,” ujarnya, Kamis 16 Mei 2019.

Sementara itu, Ketua Pelaksana PPDB SMKN 2 Palembang, Maryono mengatakan ada beberapa tahapan yang harus diikuti oleh calon peserta didik SMKN 2 Palembang.

“Beberapa tahap tersebut, antara lain mendaftar terlebih dahulu ke website sekolah: www.smkn2palembang.sch.id kemudian print out formulir pendaftaran (unduh di website yang sama setelah mendaftar),” jelasnya.

Selanjutnya siapkan formulir F1 yang sudah diprint out kemudian siapkan surat rekomendasi Kepala SMP/MTS untuk peserta dari Kota Palembang.

“Sedangkan dari luar Kota Palembang membawa surat rekomendasi lintas sektoral dari Dinas Pendidikan daerah setempat,” katanya.

“Dan untuk calon peserta didik yang berasal dari luar Provinsi Sumatera Selatan harus menyertakan surat rekomendasi dan tempat daerah yang dituju (Dinas Provinsi Sumatera Selatan),” ujarnya.

Setelah itu, calon peserta didik SMKN 2 Palembang harus memiliki Raport SMP/ MTs asli dan fotocopi raport di legalisir dari semester 1 sampai semester 5 dengan nilai rata-rata minimal 75 (tujuh puluh lima) setiap mata pelajaran yang di UN kan.

Memiliki surat keterangan mengikuti ujian nasional SMP/MTs tahun pelajaran 2018/2019. Berusia setinggi-tingginya 21 tahun terhitung pada awal tahun pelajaran 2019/2020, yaitu pada tanggal 15 Juli 2019 dibuktikan dengan foto copy akte kelahiran, dan foto berwama ukuran 4 x 6 satu buah.

“Jangan lupa semua berkas agar dimasukkan ke dalam map hijau untuk calon peserta didik laki-laki dan map merah untuk calon peserta didik perempuan. Setelah semuanya siap datang ke SMKN 2 Palembang untuk memverifikasi data serta melakukan cek fisik,” jelasnya.

Cek fisik ini dilihat secara visual kesehatan jasmani. Apabila saat cek fisik, misal ditemukan tato atau tindik pihaknya tak akan segan mendiskualifikasi, terkecuali apabila dibadan calon peserta didik terdapat cacat bawaan pihaknya masih bisa mempertimbangkan.

“Nanti setelah semua proses verifikasi, validasi dan finalisasi dilakukan calon peserta didik diberikan info pada 23 Mei kembali ke sekolah untuk mengambil nomor tes keahlian dan pelaksanaan tes keahlian akan dilakukan di sekolah pada 25 Mei, tes keahlian ini berupa tes tertulis dan disesuaikan dengan pilihan jurusan yang akan diambil oleh calon peserta didik,” katanya.

Maryono menambahkan SMKN 2 Palembang akan menerima 864 peserta didik baru dengan jumlah maksimum 24 rombongan belajar (rombel), rincian 1 rombel berisi 36 orang.

Sedangkan untuk 9 paket keahlian yang ada di SMKN 2 Palembang ini, yakni teknik permesinan, teknik kendaraan ringan, teknik mekatronika, teknik elektronika industri, teknik instalasi listrik, bisnis sepeda motor, teknik komputer jaringan, teknik desain permodelan dan informasi bangunan serta teknik geomatika.

print