PPs Unsri Hadirkan Empat Pembicara Luar Negeri di Seminar Internasional

0
7
[Seminar Internasional Program Pascasarjana Universitas Sriwijaya yang digelar di Ballroom Hotel Horison Palembang – foto Arto beritasebelas]

Arto

beritasebelas.com,Palembang – Guna menambah wawasan dan pengetahuan perkembangan disiplin ilmu mahasiswa, Program Pascasarjana (PPs) Universitas Sriwijaya (Unsri) menggelar seminar Internasional di Ballroom Hotel Horison Palembang, Kamis 27 September 2018.

Tak tangung-tanggung, empat keynote speakers dari luar negeri yakni Jerman, Malaysia, Vietnam dan Belanda dihadirkan untuk memberikan materinya.

Direktur PPs Unsri Prof Dr Ir Amin Rejo, M.P mengatakan, kegiatan tersebut merupakan kali pertama. Ia juga berharap akan menjadi agenda rutin, sehingga menghasilkan solusi terbaik untuk masalah lingkungan di Indonesia.

“Menyikapi masalah lingkungan, program ini akan dilaksanakan setiap tahun. Ini tahap pertama. Jadi kita terus saling sharing, dan menyoroti permasalahan kebakaran hutan, banjir, irigasi, drainase serta daerah tergenang. Mohon juga didukung dari pemerintah daerah. Selanjutnya dari hasil penelitian, akan diterapkan teknologinya terutama di Palembang,” jelasnya.

Melalui konsep ini maka aspek produksi komoditi, ekologi lingkungan, ekonomi, dan sosial-budaya mendapat perhatian dan menjadi bagian yang saling berkaitan. Melalui inisiatif terdepan, komitmen kuat, dan peran yang nyata ini sekaligus akan memberikan kontribusi yang signifikan terhadap upaya mencapai Sustainable Development Goal (SDG) di Sumatera Selatan.

“Jadi kegiatan ini bertujuan sebagai acuan bersama dalam membangun daerah dengan konsep ramah lingkungan dan berkelanjutan. Seminar ini juga, berupaya untuk meningkatkan produksi sektor kehutanan, perkebunan, dan pertanian dengan tetap melindungi dan memulihkan hutan serta lahan gambut melalui penguatan kemitraan antara sektor swasta, pemerhati konservasi dan masyarakat sipil,”urainya.

Lanjut dia, bahwa perwujudan pembangunan hijau ini tidak hanya dilandasi modal dukungan politis yang kuat dari pimpinan daerah, kapasitas sumberdaya manusia yang tersedia, dan jaringan keija yang luas serta potensi sumberdaya alam yang melimpah, tetapi juga peran perguruan tinggi dan lembaga penelitian.

Oleh karena itu, sebagai salah satu komponen perguruan tinggi yang peduli terhadap upaya pengelolaan lingkungan hidup yang lebih baik, maka Program Pascasarjana Universitas Sriwijaya membahas tentang “SYNERGY IN SCIENCE: Promoting Solution for Environmental Issues.”

Turut disampaikan Warek I Program Pascasarjana Unsri, Prof Zainudin Nawawi.  Jika pertemuan ilmiah yang bekerja sama dengan Thai Nguyen University of Agriculture and Forestry, Vietnam dan Universiti Sultan Zainal Abidin, Kuala Trengganu, Malaysia ini untuk mencari solusi dalam perbaikan lingkungan.

“Bukan hanya solusi terbaik dari penelitian, seminar juga bertujuan menggaet mitra global untuk sama-sama kolaborasi di masa depan. Hasil pertukaran ide dan pengalaman juga berpengaruh dalam pengembangan ilmu pengetahuan ataupin berkolaborasi dalam bisnis. Sekarang paling penting dapat menyelesaikan masalah kebakaran hutan yang berdampak tidak saja dari aspek lingkungan secara fisik tapi juga aspek menyeluruh secara nasional,”pungkasnya.

print