Raih 29 Medali di Pornas, Atlet Tuna Grahita di Ganjar Bonus

0
11
[Ketua Umum NPC Sumatera Selatan Ryan Yohwari saat memberi sambutan dipenyerahan tali asih Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan ke atlet tuna grahita di Aula Bina Praja Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan – foto Arto beritasebelas]

Arto

beritasebelas.com,Palembang – Berangkat dari upaya penghargaan dan motivasi atlet tuna grahita dan pelatih berprestasi, Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan memberikan tali asih dengan total bonus sebesar 96 juta kepada atlet tuna grahita binaan Olimpics Indonesia (SOIna) Sumatera Selatan yang telah mengantarkan prestasi Sumatera Selatan peringkat ke lima di Pekan Olahraga Nasional (Pornas) SOIna Juni 2018 tahun lalu.

Tali asih tersebut langsung diberikan oleh Gubernur Sumatera Selatan melalui Sekda Sumatera Selatan Nasrun Umar disaksikan oleh Asisten 1 Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan Dr Akhmad Najib, Kadispora Sumatera Selatan Akhmad Yusuf Wibowo serta Ketua Umum National Paralympic Committee Indonesia (NPCI) Sumatera Selatan Ryan Yohwari yang merupakan pimpinan Badan Olahraga Disabilitas Sumatera Selatan di Aula Bina Praja, Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan, Rabu 15 Mei 2019

“Semoga dapat menginspirasi, karena ini adalah awal dari prestasi yang akan datang ke depannya. Apalagi Sumsel telah meraih lima besar dengan meraih 29 medali dengan rincian 11 medali emas, 10 perak dan 8 perunggu,” ujar Nasrun Umar.

Lanjut dia, ini merupakan momen tepat untuk memacu prestasi atlet Sumatera Selatan untuk kembali berprestasi baik Nasional maupun Internasional.

“Saat ini jangan hanya jadikan olahraga sebagai hobi, tapi juga cita-cita karena kami akan terus mendukung,” urainya.

Senada dengan itu dikatakan Ketua Umum NPC Sumatera Selatan Ryan Yohwari mengaku sangat bangga atas capaian SOIna Sumatera Selatan yang telah mencetak prestasi Nasional di Pornas SOIna.

“Kami sangat bangga dengan hadirnya SOIna, yang kemudian bersama dalam membina atlet disabilitas khusus tuna grahita. Karena selain tuna grahita, ada juga tuna daksa, tuna ungu wicara dan tuna netra,” urainya.

Ryan berharap dengan adanya tali asih dari Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan dapat jadi motivasi bagi atlet disabilitas lain untuk giat berlatih dalam menjemput prestasi baik Nasional dan Internasional.

“Teruslah berprestasi, teruslah berlatih dan jangan mengeluh, karena dengan disabilitas ini, saya telah mengunjungi di 70 negara di dunia dengan berbagai prestasi, kalau tidak mungkin saya hanya jadi petani karet di kampung. Artinya, jadikanlah ini sebagai motivasi,” jelasnya.

Tak lupa, Ryan berpesan agar seluruh insan mendukung prestasi olahraga di Sumatera Selatan.

“Jangan lagi berpikir, mana itu SOIna, mana itu NPC, mana itu KONI. Semua sama membangun prestasi olahraga di Sumsel,” pungkasnya.

Sementara itu Ketua SOIna Sumatera Selatan Dra Hj Mulya Ningsih mengatakan bahwa pada Pornas VIII, Kontingen Sumatera Selatan menempati peringkat ke-5 se Indonesia pada Pekan Olahraga Nasional (Pornas) VIII Special Olympics Indonesia (SOIna) tahun 2018, di Stadion Kaharudin Nasution Rumbai, Riau.

Pada posisi tersebut, Sumatera Selatan mampu meraih 29 medali dengan rincian 11 medali emas, 10 perak dan 8 perunggu.

“29 medali dipersembahkan oleh 20 atlet dari 41 atlet yang kita kirim,” urainya.

Dijelaskannya, bahwa medali diraih dari atletik dengan perolehan 3 emas (Reza Baihagi, Ocha Amelia, Rizki Amelia) dan perunggu (Yurningsih, Purnama Dewi, estafet).

Cabor Boccee dengan medali 2 emas (Putri Amelia tunggal putri dan Osyahkila tunggal putra), 1 perak (Choirunisa) dan 2 perunggu (Choirunisa dan Osyahkila). Cabor bulutangkis dengan 4 emas (Dwi Prabawati, Yulfia + Dwi P, Hadi Sutopo, Hadi S+Ilham A), 1 perak (Yulfia), 2 perunggu (Hadi+Dwi, Ilham Adi).

Cabor voli dengan 1 perunggu, Cabor basket 1 perunggu, Cabor futsal 1 perunggu, Cabor renang 1 emas (M Aries), 2 perak (Anangcik, Sobori Putra), 2 perunggu (Febriati, Sobori Putra). Serta Cabor Bowling dengan 2 emas (Abdul Rohman, Gabriel),

Sementara keluar di juara umum yakni provinsi Riau dengan perolehan medali 52 medali, peringkat kedua DKI Jakarta dengan 41 medali, Sumatera Barat dengan 36 medali dan Jawa Barat 38 medali.

print