Ramadhan Anjal dan Gepeng Marak

0
24

Tri

[Sekretaris Dinas Sosial Kota Palembang, Ikhsan Tosni – foto Tri beritasebelas]
beritasebelas.com,Palembang – Antisipasi maraknya keberadaan anak jalanan (Anjal), pengemis dan gelandangan (Gepeng), jelang bulan suci Ramadhan, Dinas Sosial Kota Palembang intensifkan razia.

Sekretaris Dinas Sosial Kota Palembang, Ikhsan Tosni mengatakan, berdasarkan pengalaman dari tahun ke tahun, Anjal dan Gepeng jumlahnya selalu meningkat saat bulan Ramadhan.

Menurutnya, Anjal dan Gepeng merupakan orang yang berpindah-pindah tempat dan bukan merupakan penduduk asli dari Palembang, melainkan penduduk dari wilayah perbatasan kota, seperti Ogan Ilir, Banyuasin dan lain sebagainya.

“Kita Palembang ini hanya dapat kiriman. Oleh karenya kita akan antisipasi, dengan mengintensifkan petugas untuk menyusuri titik-titik dimana Anjal dan Gepeng mangkal dan minta-minta,” katanya, Selasa 17 April 2018.

Dijelaskan mantan Kepala Bidang di Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Kelurahan (BPMK) Kota Palembang ini, petugas terjun kelapangan dengan 3 sift. Yakni, pagi sampai siang, siang sampai sore dan sore hingga malam pukul 23.00 Wib.

Sambut Iksan, penertiban Anjal dan Gepeng itu untuk memberikan kenyamanan bagi umat muslim yang melaksanakan ibadah puasa.

“Sebagai kota layak huni, jangan sampai ada orang-orang yang tidak terurus dan berkeliaran sehingga mengganggu ketertiban umum,” katanya.

Ia menghimbau, bagi masyarakat yang ingin berbagi, diharapkan tidak memberi dijalanan. Melainkan ditempat yang sudah jelas seperti di masjid, panti asuhan dan lainnya.

“Karena jika kita bersedekah dijalanan, bisa membuat Anjal dan Gepeng menjadi pemalas dan enggan bekerja. Bukan kami melarang sedekah, tapi bersedekah,” pungkasnya.

print