Ratusan Pelajar Duel di FLS2N Palembang

0
67

Arto

[Suasana kompetisi Festival Lomba Seni Siswa Nasional tingkat Kota Palembang – foto Arto beritasebelas]

beritasebelas.com, Palembang – Sebagaimana ajang tahunan, multievent Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FL2SN) 2018 kembali digelar. Sebanyak 500 siswa SMP Kota Palembang bersaing di FLS2N ini demi meraih tiket menuju kompetisi FLS2N Sumatera Selatan Mei mendatang.

Pasalnya bagi siswa yang terpilih menjadi juara, maka siswa tersebut berhak dikirim seleksi FL2SN di tingkat Provinsi Sumatera Selatan pada bulan Mei mendatang. Diketahui, cabang perlombaan yang dilombakan yakni menyanyi solo, seni tari, desain poster, gitar solo dan musik tradisional. FL2SN tingkat SMP se kota Palembang ini diselenggarakan selama 2 hari mulai 11-12 April bertempat di Dinas Pendidikan Kota Palembang.

Kabid SMP Dinas Pendidikan Palembang Herman Wijaya menambahkan, dalam FL2SN ini bidang seni yang dilombakan.

“Semuanya ikut, jadi negeri dan swasta kalau kita itu sekolah di negeri dan swasta ini lebih kurang sekolahnya hampir 250 sekolah. Tangkai yang dipertandingkan ada lima perlombaan. Jadi wajar kalau peserta sampai berjumlah 500 siswa. Tangkai perlombaan ada nyanyi solo kemudian ada gitar solo kemudian ada desain poster kemudian ada lagu tradisional ada musik tradisional,” ujar Herman, Kamis 12 April 2018.

Lebih lanjut Herman menambahkan, tujuan dari FL2SN ini adalah membina dan meningkatkan kreativitas siswa di bidang seni dan menumbuh kembangkan sikap kompetitif dalam diri siswa untuk berkompetisi secara sehat.

“Dimana dalam 2 hari ini pihaknya sudah menyeleksi para pemenang yang akan mewakili ditingkat Provinsi Sumsel. Rencananya bulan Mei mendatangan, namun untuk proses seleksi di Provinsi kita sedang membahas tempat,”terangnya.

Hal senada dikatakan, saat pembuka FL2SN di kota kemarin, Pjs Walikota Palembang Ahmad Najib mengatakan seni itu ada seni musik ada seni tari seni sastra seni lukis macam-macam. Diharapkan anak-anak ini bisa menyalurkan minat bakat nya, jangan sampai mereka menyalurkan seni lukis misal mencoret LRT.

“Kita arahkan ke situ energi mereka itu bisa positif. Kemudian festival seni lagu lomba seni suara tadi kita lihat tadi bagaimana mereka menyanyi. Bagaimana tarian yang tari-tari yang bermuatan seni daerah maupun rekreasi. Yang ketiga mereka juga semangat untuk mencintai budi pekerti. Bagaimana dengan seni disentuh dengan hati mereka bisa saling menghormati saling menghargai dan saling berprestasi untuk masa depannya,” katanya.

Dirinya berharap dari guru-guru orang tua semua jajaran pendidikan, serta masyarakat untuk memberikan dukungan untuk event seni dan olahraga.

“Pemenang kompetisi ini nantinya akan dikirim ke tingkat provinsi. Kita berharap siswa Palembang dapat maju bersaing di tingkat nasional bahkan internasional. Jadi dinas yang membidangi budaya maupun seni olahraga ini pendidikan betul-betul memperhatikan mereka ini sehingga pada saatnya mereka bisa tampil di dunia yang lebih tinggi lagi di internasional,”pungkasnya.

print