Ribuan Peserta ‘Duel’ Berebut Masuk Universitas Sriwijaya di Tes USMB 2018

0
173
[Pres Conference Jelang Pelaksanaan USMB Ribuan Peserta ‘Duel’ Berebut Masuk Universitas Sriwijaya di Tes USMB 2018 – foto Arto beritasebelas]

Arto

beritasebelas.com,Palembang – Ribuan peserta dari berbagai daerah ‘Duel’ di kompetisi Seleksi masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) Universitas Sriwijaya melalui jalur Ujuan Saringan Masuk Bersama (USMB) 2018 yang bakal digelar, Senin 10 Juli 2018.

Tak hanya diikuti ribuan peserta dari Sumatera Selatan dan sekitarnya. Namun juga diikuti peserta dari Sudan dan Malaysia. Pasalnya, usai pelaksanaan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), kini Universitas Sriwijaya giliran bakal menseleksi masuk jalur Ujian Saringan Masuk Bersama (USBM) yang bakal digelar besok.

Demikian disampaikan Ketua Pelaksana USMB 2018 Prof Ir Zainuddin Nawawi Ph.D dalam keterangan persnya, Senin 9 Juli 2018. Menurutnya, para peserta dari berbagai wilayah termasuk dari Malaysia dan Sudan.

“Mereka mengikuti tes untuk Fakultas Kedokteran dan Fakultas Ekonomi,” ujar Zainuddin.

Dikatakannya bahwa, USMB ini tersebar di 18 titik lokasi dengan 7 Perguruan Tinggi yang ikut dalam pelaksanaan USMB. Dari 18 titik termasuk di semua Gedung Fakultas Universitas Sriwijaya, PPs Universitas Sriwijaya, SMAN 1, SMA Az Zahra, SMAN 10, SMKN 3 dan juga SMA Tri Dharma.

“Kalau Perguruan Tinggi yang ikut ada MDP, PGRI, Candradimuka, Tridinanti, Tamansiswa dan UIGM. Ujian bersamaan di 18 titik,”jelasnya.

Senada dengan itu disampaikan Humas USMB Universitas Sriwijaya Prof Dr Zulkifli Dahlan MSi DEA, bahwa USMB yang bakal digelar besok akan diikuti oleh 6.720 peserta, baik yang tak lulus SNMPTN, SBMPTM maupun yang baru mau mendaftar.

“Jadi USMB tahun ini diikuti 6.728 peserta. Dan kuota kita 30 persen dari 6.000 an. Artinya kompetisi cukup selektif,”ujar Zulkifli.

Lanjut dia, bahwa bagi yang mengikuti jalur USMB besok dan lulus maka peserta tak lagi mengikuti verifikasi Uang Kuliah Tunggal (UKT). Sehingga langsung registrasi pada 26-27 Juli 2018 nanti.

“Jadi tidak seperti SBMPTN, ada wawancara UKT. Kalau USMB sudah ditentukan sebelumnya. Dan besaran tergantung fakultas masing-masing,”jelasnya.

Menurutnya, sama halnya seperti tahun lalu bahwa minat fakultas tahun ini masih seperti tahun lalu yakni Fakultas Kedokteran dan diikuti Fakultas Teknik dan lainnya.

print