RSMH Palembang Operasi Pemisahan Bayi Kembar Siam, Satu Bayi Meninggal

0
20

[Salah seorang bayi kembar Siam yang menjalani operasi pemisahan di rumah sakit Mohammad Hoesin (RSMH), meninggal dunia, Selasa (27/8) – foto : Dudi/beritasebelas.com]

Dudi

beritasebelas.com, Palembang – Salah seorang bayi kembar Siam yang menjalani operasi pemisahan di rumah sakit Mohammad Hoesin (RSMH), meninggal dunia, Selasa (27/8).

Bayi Alisya Zahro  tidak bisa diselamatkan, sedangkan Aysha Zahro  sang kakak, masih menjalani perawatan secara intensif pasca dilakukannya operasi pemisahan tubuh.

Ketua tim operasi kembar siam, dokter Ria Nova, menyebut operasi dilaksanakan untuk bayi bernama AyshaZahro dan Alisya Zahro. Namun sayang, bayi yang kedua, yaitu Alisya Zahro, dalam kondisi organ vital tak baik sehingga meninggal dunia.

“Kondisi bayi kedua mengalami kelainan jantung dan ukuran paru-paru kecil. Sulit untuk selamat,” kata dokter Nova saat keterangan pers seusai operasi pemisahan di RSMH, Selasa (27/8).

Menurut Nova, operasi bayi kembar siam berusia 14 hari yang berasal dari Pedamaran, Ogan Komering Ilir (OKI), itu dimulai pada pukul 09.00 . Keduanya pun berhasil dipisahkan pada pukul 12.27  dan operasi berakhir sekitar pukul 16.00 .

Sedangkan Afit (30) sang ayah bayi kembar tersebut.

“Operasinya sudah selesai dilakukan. Tapi anak kedua kami tidak bisa diselamatkan,” kata Afit.

Afit mengatakan berdasarkan informasi yang didapatnya dari keterangan dokter, bahwa bayinya memiliki satu tali pusar.

“Saya tidak tahu secara rinci. Tapi garis besarnya dokter bilang tali pusar kedua anak saya hanya satu. Jadi ketika dipotong untuk dipisahkan, aliran darah adiknya berhenti. Soalnya selama ini sang adik yang menopang ke kakaknya,” kata Afit.

Saat ini jenazah bayi Alisya sudah dibawa ke rumah duka di Ogan Komering Ilir.

Sedangkan sang kakak, bayi Aysha masih menjalani perawatan intensif.

“Ya, memang sudah jalan hidupnya seperti itu. Saya dan istri sudah mengikhlaskan. Kami juga akan tetap di Palembang untuk mengurus keperluan perawatan Aysha. Sedangkan, pemakaman Alisya sudah diurus sama keluarga kami,” katanya.

print