Rutan Baturaja Bentuk Pasukan Merah Putih Narapidana, Ini Tugasnya

0
66

Bagus

[Kepala Rutan Baturaja Hardianto saat menyematkan pin kepada anggota pasukan merah putih narapidana besutannya dihalaman Rutan Baturaja – foto Bagus beritasebelas]

beritasebelas.com, Baturaja –  Ada yang berbeda saat Rutan Baturaja menggelar upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional di depan Kantor  Rutan Baturaja Senin 21 Mei 2018. Dalam upacara tersebut Rutan Baturaja menyisipkan Pengukuhan Pasukan Merah Putih Narapidana.

Apa itu Pasukan Merah Putih Narapidana?, Hardianto Kepala Rutan Baturaja menjelaskan dibentuknya pasukan merah putih tersebut dilandasi atas peristiwa bangkitnya semangat Persatuan, Kesatuan dan  Nasionalisme yang diikuti dengan kesadaran untuk memperjuangkan Kemerdekaan Republik Indonesia serta memupuk rasa Nasionalisme.

“Maka dari itu kita memilih 13 orang warga binaan pilihan untuk dilantik menjadi pasukan merah putih narapidana, dimana nantinya pasukan tersebut akan ditugaskan untuk mengubah mindset masyarakat jika seorang napi itu setelah bebas dari hukuman akan tetap menjadi penjahat,”kata Hardianto.

Ditambahkan Hardianto nantinya ketigabelas pasukan merah putih narapidana ini akan terjun langsung ke masyarakat guna ikut berperan di masyarakat dalam hal membangun daerahnya terlebih dahulu.

“Ketika warga negara melakukan pidana, negara berwenang menjatuhkan punishment atau hukuman, namun ketika mereka sadar dan mau bertaubat, maka negara pun berkewajiban memberikan maaf dan reward narapidana tersebut,”pungkas Hardianto.

Pantauan di Rutan Baturaja kegiatan upacara tersebut berjalan dengan hikmat dan tertib, upacara yang dipimpin langsung oleh Kepala Rutan Baturaja Hardianto dan dihadiri oleh Kepala Cabang Rutan Martapura serta Kepala Rupbasan Baturaja  dan diikuti oleh seluruh pegawai Rutan Baturaja serta Cabang Rutan Martapura dan Rupbasan Baturaja.

print