Sambut Tamu Negara, Atlet Village JSC Terus Dimaksimalkan

0
21
[Potret Atlet Village JSC Palembang yang menjadi rumah singgah atlet peserta Asian Games – Foto Arto/beritasebelas.com]

Arto

beritasebelas.com, Palembang – Guna menyambut tamu negara baik atlet maupun ofisial, Manajemen Jakabaring Sport City (JSC) Palembang terua memaksimalkan sarana dan prasarana dalam di area kompleks olahraga Internasional terpusat tersebut.

Tak terkecuali mengenai atlet village yang disiapkan sedemikian rupa sesuai Standar Opetasional Prosedur (SOP) dari badan olahraga Asia yakni Olympic Councyl of Asia (OCA) dalam mendukung kenyamanan hunian atlet dan ofisial Asian Games.

Direktur Utama PT JSC Palembang Bambang Suprianto menjelaskan bahwa manajemen bersamaan dengan panitia Asian Games telah melakukan simulasi khusus. Sehingga SOP kedatangan atlet dan ofisial dari bandara menuju Atlet Village hingga menuju venue telag dilakukan.

“Jadi sebenarnya persiapan simulasi untuk atlet village sendiri sudah kita lakukan. Bahkan kita sudah melakukan koordinator lintas departemen, contoh kayak kemaren kita, yang mengadakan dari departemen atlet village. Maka koordinasinya ke semua departemen terkait. Contoh kita mengundang dari departemen transportasi, karena korelasinya nanti akan kesana,”ujar Bambang, Kamis 9 Agustus 2018.

Lanjut, Bambang bahwa korelasi departemen transportasi berkaitan dengan bagaimana nanti atlet keluar dari bandara,  sudah harus ada yang menjemput hingga ke validasi akreditasi.

“Dari travel menuju LRT, sampai ke validasi akresitasi. Hingga melakukan pengecekan room. Jadi nnti di ajak atletnya untuk mengetahui kamar berapa,”jelas Bambang.

Sementara, ketika atlet dan official Asian Games 2018 tiba di bandara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB), mereka akan langsung menggunakan LRT dan turun di stasiun depan JSC. Kemudian masuk menggunakan bus dan registrasi, lalu diantarkan langsung ke halte Wisma Atlet.

Sesuai standar OCA, keamanan dan kenyamanan, kawasan Wisma Atlet di Kompleks JSC ini sudah memiliki tiga zona, yakni Zona 1 eks SEA Games 2011 terdiri dari 3 tower, masing masing tower 123 kamar. Zona 2 rusunawa terdiri dari 5 tower, masing masing tower memiliki 64 kamar plus 2 kamar difabel. Zona 3 terdiri dari 3 tower, masing masing tower memiliki 111 kamar. Dan jumlah total Athlete Village JSC memiliki 1.032 kamar dan mampu menampung 3.096 atlet dan official.

Pelaksanaan simulasi bukan hanya di Jakabaring, namun diluar Jakabaring pun telah terlaksana. Seperti melakukan Indoor Class dengan saling berbagi pengalaman kepada semua volunteer yang nanti akan menjadi guide para atlet.

“Diluar jakabaring pun sudah dilakukan simulasi, sebelum simulasi kami sudah lakukan indoor class. Saya sendiri, menjadi narasumber. Untuk berbagi pengalaman bagaimana cara mengatur delegasi yang datang. Mengapa INASGOC memilih saya sebagai narasumber, karena mereka melihat pengalaman, dan saya selalu terlibat dalam segala multi event nasional dan internasional di Palembang,”tukasnya.

print