Sanlat Warnai Pemebelajaran Ramadan di Sekolah

0
12

Arto

[Siswa MAN 1 Palembang saat mengikuti proses belajar mengajar – foto Arto beritasebelas]
beritasebelas.com,Palembang – Program Pesantren Kilat (Sanlat) menjadi program yang urgent bagi setiap sekolah manakala memasuki bulan suci Ramadan. Pasalnya, pada momen tersebut siswa tak hanya berlomba-lomba dalam kebaikan akan tetapi juga memperkuat persaudaraan. Baik antara siswa dengan siswa maupun siswa dengan guru.

Benar saja, seperti yang tengah dilakukan pihak Madrasah Aliyah Negeri 1 Palembang yang bakal menggelar Pesantren Kilat di Momen Ramadan tahun ini  Kepala Madrasah Negeri 1 Palembang (Mansapa) Rusmala Dewi  melalui Wakil Kepala Madrasah bagian Humas Ahmad Alamsyah mengatakan, pelaksanaan Sanlat akan digelar selama satu minggu, 30 Mei hingga 8 Juni.

Berbagai kegiatan akan dilaksanakan dalam agenda tahunan tersebut, di antaranya tadarus Alquran dan siraman rohani yang akan disampaikan Pengurus Yayasan Rumah Tahfiz Kiai Merogan Palembang.

Selain itu, panitia juga melaksanakan berbagai perlombaan yang melibatkan perwakilan siswa seperti Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) dan Azan.

“Kegiatan Sanlat juga akan dihadiri Senandung Hikmah karena kebetulan ada roadshow,” ujarnya, Rabu 23 Mei 2018.

Kegiatan serupa juga akan dilaksanakan di SMPN 46 Palembang. Di sekolah tersebut akan menyelenggarakan pesantren kilat.

“Hari pertama Sanlat akan ada ceramah agama yang kita berdayakan guru agama di sekolah,” jelas Kepala SMPN 46 Palembang Limansa Raja Guguk.

Selain pendalaman ilmu agama, pihaknya juga menyelenggarakan berbagai perlombaan seperti kaligrafi, azan, MTQ, dai daiah, ceramah agama dan nasyid.

“Para pemenang diberi reward dan dibagikan buku ramadan. Sengaja selama Ramadan ini tidak ada belajar di kelas namun pendalaman ilmu agama,”jelasnya.

print