Seni Pahat Akar Bambu, Peluang Ekonomi Kerakyatan

0
39

A Yudiansyah

beritasebelas.com,Pagaralam – Kota Pagaralam Sumatera Selatan selain memiliki keindahan pesona alam. Juga terdapat banyak seni, budaya, dan juga kerajinan tangan. Seperti yang dilakukan pengrajin seni ukir akar bambu di Dusun Pelang Kenidai Kecamatan Dempo Tengah Kota Pagaralam.

[Seni Pahat Akar Bambu di Dusun Pelang Kenidai Kecamatan Dempo Tengah Kota Pagaralam – foto A Yudiansyah beritasebelas]
Pembina Karang Taruna Pelang Kenidai Ujang mengatakan, banyak hal yang bisa dimanfaatkan untuk dibuat menjadi suatu karya yang menarik, bukan mustahil hal tersebut membuka peluang baru bagi masyarakat sekitar. Sebenarnya seni memahat akar pohon bambu ini sudah dilakukan dari jaman dahulu untuk dijadikan sebuah karya seni yang bernilai seni dan ekonomis.

“Membuat satu bahan baku bisa memakan waktu dua sampai tiga hari, oleh sebab itu, saya  mengajak  pemuda dan warga sekitar,” kata dia, Minggu 21 Januari 2018.

Dikatakan Ujang, banyak kendala yang dihadapi, dirinya mengaku sejauh ini kendala yang dihadapi adalah alat yang kurang mendukung, dan tata cara mamasarkan karya yang dibuat, sebab menurutnya alat yang baik merupakan salah satu penunjang untuk menghasilkan karya yang maksimal.

“kami memakai alat seadanya, kami berharap diberi bantuan alat yang bagus dan tentunya arah pasar yang jelas juga demi kemajuan dan menambah semangat kami untuk berkarya,” kata dia.

Sedangkan Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKMPP Kota Pagaralam Saidi Amrullah S.Sos mengatakan, sangat mengapresiasi apa yang dilakukan warga Pelang Kenidai, kreatif dan bisa menciptakan nilai ekonomi kerakyatan.”Segera mungkin kita akan tinjau lokasi tempat kerajinan tersebut, untuk bisa mensosialisasikan apa yang telah menjadi sebuah nilai seni menjadi peluang bisnis.Untuk bisa membatu pemasaran dan kendala lainnya,” pungkasnya.

print