Sertifikasi Cair, Ratusan Guru Sumringah

0
3239

A Yudiansyah

[Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lahat, Sutoko MSi – foto A Yudiansyah beritasebelas]
beritasebelas.com,Lahat – Ratusan guru sertifikasi di Kabupaten Lahat, selama ini galau lantaran belum jelasnya pembayaran sertifikasi, akhirnya dapat sumringah. Kegundahan ratusan guru, yang selama ini menuntut haknya pun, kini tak lagi terdengar setelah dana sertifikasi bulan November, dan Desember tahun 2017, sudah dibayarkan.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lahat, Sutoko MSi menuturkan, jumlah guru yang mendapatkan sertifikasi sebanyak 2029 orang. Terdiri dari guru TK, SD, dan SMP. Dengan jumlah uang keseluruhan mencapai Rp 15.815.795.300.

“Guru yang dapat sertifikasi sesuai dengan data Dapodik kita. Untuk jumlahnya beragam, sesuai dengan gaji pokok tiap guru,” ujar Sutoko, Jumat 9 Februari 2018.

Sutoko menambhkan, untuk mendapatkan dana sertifikasi maupun intensif lainnya, seperti intensif guru non PNS, dan tunjangan khusus, harus terdaftar dahulu di Data Pokok Pendidikan (Dapodik) Disdikbud Lahat. Untuk itu data Dapodik selalu diperbaiki persemester.

“Untuk pencairan sertifikasi triwulan I tahun ini, perbaikan data Dapodiknya ditunggu sampai 28 Februari nanti. Uang itu langsung masuk rekening masing-masing,” sampainya.

print