Siswi Asal Palembang Sabet Finalis OLSN 2018

0
21

[Dua siswa berprestas OLSN 2018 dari SMPN 54 Palembang – foto Arto beritasebelas]

Arto

beritasebelas.com,Palembang – Dua siswi asal Palembang berhasil lolos menjadi finalis ajang Olimpiade Literasi Siswa Nasional (OLSN) tingkat SMP 2018 yang digelar Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Kedua siswi tersebut berasal dari SMP Negeri 54 Palembang adalah Ghina Danilah lolos dalam final cipta puisi dan Amrina Rosyada lolos dalam final cipta cerpen. Mereka akan menghadapi final pada tanggal 27-31 Oktober 2018 nanti di Jakarta.

Lolos dalam final cipta puisi di ajang OLSN 2018, Ghina Danilah mengatakan, dirinya mengirim 3 karya puisi dengan tema Dunia Tanpa Batas, dengan judul puisi yakni Sindiran, Kitakan Terganti, dan Indonesia ku.

“Sebelumnya setiap peserta wajib mengirim 3 puisi. Dan alhamdulillah dari 100 lebih naskah puisi se Indonesia, puisi saya lolos sebagai final,” ungkapnya saat ditemui di sekolahnya, Rabu 3 Oktober 2018.

Diceritakannya, isi puisi yang ia buat mengabung antara budaya kearifan lokal Palembang dengan negara lain.

Diakuinya, ini baru pertama kali dirinya mengikuti lomba, tak dipungkiri ia merasa gugup dan tegang. Untuk persiapan final, Ghina disarankan untuk banyak membaca karya puisi legendaris dan banyak menulis.

“Jadi untuk persiapan nanti saya disarankan membaca puisi yang legendaris dan cari lebih banyak karya puisi juga,” tuturnya.

Senada dengan hal itu, Amrina Rosyada yang juga lolos final lomba cipta cerpen menuturkan, dirinya mengirim dua cerpen dengan judul Senja Di Hati Burhan dan Antara Aku Mimpi Dan Amma.

Ia juga mengatakan, untuk persiapan lomba nantinya, dirinya banyak belajar tentang kosa kata dan penggunaan kata langsung.

“Persiapannya pemilihan kosa kata dan belajar penggunaan kata langsung serta banyak juga kesalahan typo, jadi itu harus benar-benar fokus biar tidak banyak yang salah,” pungkasnya.

print