Soal Pembangunan Sekolah, Ini Kata Dinas Pendidikan Palembang

0
35

Arto

beritasebelas.com,Palembang – Dinas Pendidikan Kota Palembang berencana mendahulukan pembangunan Sekolah Negeri. Pasalnya jumlah SD Negeri di Kota Palembang lebih banyak dibandingkan dengan SMP Negeri, oleh sebab itu Dinas Pendidikan bakal memprioritaskan penambahan sekolah baru khususnya di SMP Negeri.

Diketahui jumlah SD Negeri di Kota Palembang mencapai 248 sekolah, sedangkan jumlah SMP Negeri hanya 60 sekolah. Kepala Dinas Pendidikan Kota Palembang H Ahmad Zulinto melalui Kepala Bidang SMP Kota Palembang Herman Wijaya mengatakan dalam penambahan SD Negeri sendiri Dinas Pendidikan belum bisa menambah lagi, sebab jumlah SD Negeri di Kota Palembang sudah lumayan banyak dengan ditambah SD swasta maupun Madrasah, sesuai pemetaan Dinas Pendidikan jumlah SD Negeri harus seimbang dahulu dengan SMP Negeri.

[Kepala Bidang SMP Kota Palembang Herman Wijaya]
“Kami juga membangun sekolah sesuai kebutuhan, berhubungan SMP Negeri hanya 60 dan lokasinya jauh dari masyarakat, makanya saat ini kami sedang mencari dimana lokasi SMP yang tepat,” katanya, Senin 1 Januari 2018.

Jika dihitung-hitung dengan daya tampung SD Negeri ke SMP Negeri tentu sangat jauh sekali.

Soalnya dari laporan yang diterima, Dinas Pendidikan mendapatkan pengaduan masyarakat kalau di wilayah Talang Jambe, Borang dan wilayah yang jauh dari pusat kota, kalau lokasi tersebut sangat kekurangan SMP Negeri.

“Alhamdulilah tahun 2017 Disdik sudah mulai memasukan anggaran untuk pembangunan baru SMP Negeri 60 Palembang, dan rencana kita nanti akan ada SMP Negeri 61, namun untuk lokasi pembangunan sekolah baru masih tahap perencanaan,” jelasnya.

Untuk pembangunan baru SD Negeri, Dinas Pendidikan tidak akan menambah baru.

“Namun untuk mencukupi kebutuhan, bangunan SD Negeri akan dibuat secara bertingkat. Dari 248 SD Negeri sudah 65 % dibangun secara bertingkat, dan sisanya masih bangunan lama,” bebernya.

Sebelumnya Dinas Pendidikan dapat hibah tanah seluas 1.900 meter persegi dan dana Rp 4,5 milyar. Dimana ada 6 ruangan kelas dibangun, dan berlantai 2 yakni 3 dibawah dan 3 diatas.

“Mudah-mudahan kalau tidak ada halangan, pembangunan SMP Negeri 60 Palembang akan segera teraliasasi, lalu untuk tenaga pengajar sendiri. Kita akan mengambil Calon Kepala (Cakep) SMP dan beberapa guru honorer,” tandasnya.

Harapan kedepan nanti, tidak hanya di Kecamatan Sematang Borang saja akan dibangun SMP Negeri baru, melainkan di tiap kecamatan yang tidak ada SMP Negeri nya akan dibangun juga.

“Pembangunan ini pun tidak akan berjalan baik tanpa ada bantuan Pemkot Palembang, maupun peran masyarakat untuk kemajuan pendidikan di Kota Palembang,” pungkasnya.

print