Soal Sosialiasi Virus MR, Kadisdik Minta Ini Kesekolah-sekolah

0
8
[Drs H Widodo MPd – Foto Arto beritasebelas]

Arto

beritasebelas.com, Palembang – Berangkat dari upaya mencapai kuota pemberian vaksinasi Measles Rubella (MR) di Sumatera Selatan, Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Sumatera Selatan, Widodo mengimbau agar setiap Kepala Dinas Pendidikan kabupaten/kota untuk gencar mensosialisasikan dan menggelar vaksinasi tersebut.

Betapa tidak, menurutnya, upaya tersebut bukan hanya tugas Dinas Kesehatan ditiap daerah saja melainkan perlu bantuan dan sinkronisasi dari instansi lain. Salah satunya Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Selatan turut mendongkrak upaya pencapaian vaksinasi MR di wilayah tersebut.

“Saya meminta kepada seluruh sekolah tingkat dasar didaerahnya untuk segera melaksanakan vaksinasi MR. Tentunya hal itu bekerjasama dengan Dinas Kesehatan setempat. Sebelumnya kami sudah memberikan imbauan kepada Disdik di 17 kabupaten/ kota di Sumsel untuk meminta sekolah dasar di bawah naungannya agar melaksanakan vaksinasi MR itu,” imbaunya, Jumat 28 September 2018.

Widodo menerangkan, imbauan dapat dilakukan melalui Kepala Dinas Pendidikan kabupaten/ kota untuk maksud melaksanakan vaksinasi MR tersebut. Menurutnya selama ini memang ditemukan banyaknya penolakan, karena informasi simpang siur dan cenderung negatif.

“Untuk itu maka di perlukan penjelasan yang memadai oleh pihak otoritas dalam hal ini MUI dari sisi ke halalannya dan Dinkes dari sisi jaminan ke manfaatan dan ketiadaan efek negatifnya bagi anak yang bakal di imunisasi,”pungkasnya.

print