Sowan Tokoh, Enam Presidium Pemekaran Sumatera Selatan Segera Berkoalisi

0
143

Erika

beritasebelas.com,Lubuk Linggau – Sebanyak enam presidium pemekaran yang berada dalam wilayah Provinsi Sumatera Selatan berencana akan melakukan konsolidasi dan mengalang koalisi. pengalangan koalisi dimaksudkan sebagai sebuah gerakan bersama atas sebuah pandangan yang sama untuk mendorong percepatan terbentuknya daerah otonomi baru yang diperjuangkan masyarakat daerah tersebut.

[Sekretaris Presidium Pembentukan Provinsi Sumsel Barat, Prasetyo bersama tokoh Sumatera Selatan]
Adapun keenam daerah tersebut terdiri dari lima pemekaran kabupaten yaitu, Kabupaten Pantai Timur, pemekaran dari Kabupaten Ogan Komering Ilir, Kabupaten Kikim Area pemekaran dari Kabupaten Lahat, Kabupaten Banyuasin Timur pemekaran dari Kabupaten Banyuasin, Kabupaten Musi Banyuasin Timur pemekaran dari Kabupaten Musi Banyuasin, Kabupaten Gelumbang pemekaran dari Kabupaten Muara Enim, dan Provinsi Sumsel Barat pemekaran dari Provinsi Sumatera Selatan.

Sejumlah tokoh dan para penggiat pemekaran dalam wilayah Provinsi Sumatera Selatan tersebut akan membentuk Forum Komunikasi Daerah Percepatan Pembentukan Daerah Otonomi Baru seluruh Sumatera Selatan (FORKODA PP-DOB SE SUMSEL).

Dari jadwal yang disepakati acara pembentukan Forkoda PP-DOB se Sumatera Selatan tersebut yang semula dijadwalkan dalam beberapa minggu ini, namun mengingat pertemuan Nasional para presidium yang diselenggarakan oleh Forkonas tertanggal 29 September pekan depan, sehingga acara Forkoda di Sumatera Selatan akan diatur sekembali dari acara Forkonas tersebut.

Menurut Prasetyo Nugraha, pembentukan Forkoda PP-DOB se Sumatera Selatan merupakan kewajiban bagi para pejuang DOB di Sumatera Selatan, karenanya Forkoda merupakan turunan dari Forum Komunikasi Nasional (FORKONAS) yang merupakan wadah perjuangan bersama bagi presidium pemekaran di seluruh penjuru tanah air

“Tujuan dibentuknya Forkoda PP-DOB se Sumatera Selatan adalah untuk memperkuat visi dan misi elemen masyarakat terhadap pembentukan daerah otonomi baru,” ujarnya.

Sekretaris Presidium Pembentukan Provinsi Sumsel Barat, Prasetyo menambahkan dalam rangka memperkuat forum koalisi presidium tersebut pihaknya telah melakukan sowan tokoh atau pun silahturahmi dengan para tetua dan atau sesepuh guna meminta restu, arahan dan juga pandangan terkait dengan pembentukan DOB di Sumatera Selatan.

“Dan terkait gerakan yang akan dilakukan pihaknya dan dengan kelima presidium lainnya tersebut, alhamdulillah  telah mengantongi restu dari berbagai tokoh yang telah disowani, hal dimaksud tentunya bagi para pengiat pemekaran menjadi amunisi baru untuk terus maju berjuang mewujudkan daerah otonomi baru di Sumatera Selatan,” tutup Prasetyo. (Ril)

print