Sumatera Selatan Anggarkan PSG Sebesar Rp 207 Miliar

0
9
[Drs Widodo MPd]

Arto

beritasebelas.com, Palembang – Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan bakal melanjutkan Program Sekolah Gratis (PSG) lebih maksimal. Bahkan, Sumatera Selatan telah menganggarkan PSG tersebut pada anggaran belanja langsung dan dana hibah pada 2019 mendatang.

Kepala Dinas Pendidikan Sumatera Selatan Drs H Widodo MPd mengatakan, bahwa program Sekolah Gratis akan tetap dijalankan dan anggaran telah diajukan dalam bentuk belanja langsung untuk SMA/SMK Negeri sebesar Rp. 207.471.400.000,-

“Kemudian dalam bentuk hibah untuk SMA/SMK swasta sebesar Rp. 183.805.429.285,”ujar Widodo, Senin 8 Oktober 2018.

Lanjut dia, sesuai arahan Wakil Gubernur Sumatera Selatan agar Dinas Pendidikan melakukan pembenahan kaitannya antara sekolah “mapan” di kota dengan sekolah “pra-mapan” di pedesaan dalam pelaksanaan PSG.

“Untuk itu Dinas Pendidikan Sumatera Selatan akan membuat tiga kategori sekolah, yaitu SMA/SMK kategori/tipe A, SMA/SMK kategori/tipe B dan SMA/SMK kategori/tipe C,”jelasnya.

Dikatakan Widodo, selanjutnya kategori/tipe SMA/SMK tersebut akan menjadi salah satu indikator besaran diterimanya Dana PSG nanti.

“Artinya PSG sangat dirasakan masyarakat, sehingga program ini tentu akan dilanjutkan,” pungkasnya.

Diharapkan dengan pembentukan tiga tipe tersebut, PSG bisa tepat sasaran dan hasilnya maksimal sesuai dengan kebutuhan SMA/SMK di Sumatera Selatan baik negeri maupun swasta.

print