Tak Berguna, Puluhan UPTD Di Lahat Dihapus

0
197

[ Sekertaris Daerah Kabupaten Lahat Januarsyah SH MM – foto : A Yudiansyah/beritasebelas.com ]

A Yudiansyah

beritasebelas.com, Lahat – Puluhan Unit Pelaksana Tekhnis Daerah (UPTD) yang berada di Kecamatan seluruh Kabupaten Lahat Dihapus. Penghapusan lebih dari 50 UPTD ini jelas menimbulkan masalah baru. Pasalnya, puluhan kepala UPTD yang setara dengan Kepala Seksi (Kasi) harus tersingkir.

Sekertaris Daerah Kabupaten Lahat, Januarsyah SH MM Menuturkan, penghapusan puluhan UPTD ini sudah berjalan sejak bulan Juni yang lalu. Selain itu, Januarsyah juga menegaskan jika penghapusan tersebut sesuai dengan Permendagri Nomor 12 Tahun 2017 yang menyebutkan semua UPTD harus dievaluasi.

“Untuk jumlahnya banyak, ada sekitar 50 lebih UPTD yang dihapus di seluruh Kecamatan Se-kabupaten Lahat,” ujar Januarsyah, Jumat 5 Juli 2019.

Pasca dilakukannya penghapusan tersebut, puluhan bahkan ratusan pejabat setingkat Kepala UPTD dan Kepala Seksi dipastikan tidak mendapat jabatan lagi, dengan istilah lain Non Job. Namun, Januarsyah menegaskan jika penghapusan UPTD tersebut tidak akan mempengaruhi pelayanan pemerintah Kabupaten Lahat di tingkat Kecamatan.

“UPTD yang dihapus ini sudah dipastikan tidak diperlukan atau keberadaannya dianggap tidak efisien untuk diadakan di daerah. Nanti akan dibentuk lagi UPTD setelah dilakukan evaluasi internal,” pungkasnya.

print