Targetkan Sekolah Sehat Nasional, Ini Strategi SMAN 3 Palembang

0
42

Arto

[Suasana kawasan SMA Negeri 3 Palembang dalam persiapan sekolah sehat Nasional – foto Arto beritasebelas]
beritasebelas.com,Palembang – Berbagai sekolah unggulan di Palembang terus berlomba meraih predikat terbaik, baik dalam skala Regional maupun Nasional. Setelah SMA Negeri 1 Palembang tahun lalu meraih predikat Sekolah Sehat Nasional, kini giliran SMA Negeri 3 Palembang menargetkan hal yang sama ditahun ini.

Benar saja, berangkat dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Kesehatan, Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian Agama yang kembali menyelenggarakan Lomba Sekolah Sehat (LSS) tingkat Nasional, khusus Sumatera Selatan SMA Negeri 3 Palembang terpilih untuk mengikuti lomba yang menjadi agenda tahunan dari empat kementerian tersebut.

Kepala SMA Negeri 3 Palembang Dra Hj Purwiastuti Kusumastiwi mengaku sudah melakukan berbagai persiapan untuk menyambut tim penilai yang akan datang ke sekolah berkisar tanggal 23-27 Juli nanti. Beberapa persiapan dilakukan baik penyempurnaan sarana maupun pembentukan kesadaran siswa untuk menciptakan lingkungan sehat.

“Untuk sampai ini, kira-kira persiapan yang sudah kita lakukan sekitar 75 persen, semoga usaha yang kita lakukan ini bisa membawa SMAN 3 Palembang untuk merebut Sekolah Sehat Nasional,” ujarnya, Kamis 28 Juni 2018.

Dia menyebutkan, beberapa sarana yang diperbaiki mulai dari ruang guru, tempat pembuangan akhir (TPA), gudang, dapur, penambahan toilet dan pembuatan drainase. Penyempurnaan dan penambahan fasilitas ini dilakukan berdasarkan petunjuk dari Tim Penilai yang sudah meninjau sekolah.

“Seperti toilet itu ada perbandingannya, untuk laki-laki berbanding 40 orang sedangkan perempuan 25 orang,” sebut dia.

Tak hanya itu, pihak sekolah juga sudah membentuk kesadaran siswa terhadap sadar lingkungan. Salah satu upaya yang dilakukan dengan menerapkan 5S yakni Senyum, Salam, Sapa, Sopan, Santun.

Bahkan, pihaknya juga sudah menyediakan kotak sampah organik dan an-organik di setiap kelas. Dengan begitu siswa akan lebih mudah membuang sampah.

“Kita juga sudah memilih 40 duta lingkungan dari siswa yang bertugas berpatroli memantau sampah dan mengajak siswa lainnya untuk membuang sampah pada tempatnya. Kita berharap, upaya yang kita lakukan ini bukan hanya sekedar untuk mengikuti Lomba Sekolah Sehat saja, namun juga membentuk perilaku siswa sadar lingkungan,” harapnya.

Apalagi lanjut dia,  SMA Negeri 3 Palembang sudah mendapatkan gelar sekolah Adiwiyata Nasional, tentu saja ini menjadikan semua pihak akan berusaha mendapatkan gelar sekolah sehat tingkat Provinsi Sumatera Selatan.

“Saat ini kami sudah berusaha untuk memperbaiki semuanya, sekitar 75 % sudah kita persiapkan, tinggal yang mungkin penyelesaiannya saja kemudian tanaman atau parit-parit kecil,” pungkasnya.

print