Tekan Kebocoran PAD, KPK Bersama Pemkot Pasang Alat Bukti Transaksi

0
17

Yudiansyah

beritasebelas.com,Palembang – Untuk meminimalkan pendapatan dari sektor pajak, Badan Pengelola Pajak Daerah Kota Palembang bersama Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan melakukan rekaman transaksi disetiap sektor pajak yang di kelola Pemerintah Kota Palembang.

Hal demikian terungkap saat Sosialisasi Optimalisasi Penerimaan Pajak Daerah 2018 bersama para pelaku usaha restoran, hotel dan parkir diruang Parameswara Setda Palembang, Kamis 27 September 2018.

Dikatakan Adriansyah M Nasution Koordinator Wilayah II Sumatera Korsup Pencegahan KPK, dalam pelaporan keuangan Pemerintah Kota harus mengawasi laporan keuangan belanjanya, dimana  10 persen pajak  untuk daerah yang dipungut dari wajib pajak.

“Alat pengawasan Tipping Box ini untuk mengawasi persentase perolehan pajak 10 persen, sesuai peraturan,”ungkapnya.

Hotel, restoran serta reklame masih difokuskan guna memaksimalkan pendapatan bagi Pemerintah Kota.

“Sistem belanja memiliki aturan keuangan, oleh karena itu perlu adanya pengawasan baik penerima maupun yang belanja,” katanya.

Mengapa harus ada alat pengawasan, dari pihaknya menilai ada kebocoran dalam PAD sektor pajak ini. Oleh karena itu perlu adanya sistem dalam penerimaan pajak.

“Karena Divisi kita pencegahan, maka dianggap perlu dilakukan transparansi penerimaan pajak dengan memasangkan alat tersebut,” ulasnya.

Ditempat yang sama Walikota Palembang, Harnojoyo menjelaskan, dengan pemasangan alat Tipping Box di hotel dan restoran, dirinya berharap target PAD yang ingin dicapai Pemerintah Kota Palembang di tahun 2019 yakni 1.5 Triliun.

“Saya sangatlah apresiasi penggunaan alat rekam setiap transaksi, tidak lain dapat meningkatkan PAD,” katanya.

Pelaku usaha sambung pelopor penggerak subuh dan gotong royong ini, dapat merealisasikan pemasangan Tipping Box.

“Pemkot bersama Bank Sumsel Babel akan mendatangi pelaku usaha untuk memasang alat ini,” terangnya.

Pemerintah Kota Palembang sendiri akan selalu melakukan pengawasan, tapi semua ini butuh adanya kesadaran masyarakat sendiri.

“Semoga kedepannya semua sektor pajak dapat dipasang tiping box,”singkatnya

print