Terasa Duduk Diatas Bara Api

0
23
[Ketua DPRD Kota Palembang H Darmawan dialog dengan pedagang di sepanjang Jl Jenderal Sudirman – foto Hilmi beritasebelas]

Hilmi

beritasebelas.com,Palembang – Keluhan pedagang sepanjang Jalan Sudirman dari Simpang Charitas hingga Simpang Cinde semakin mencuat pasca perhetan Asian Games. Bahkan selama 1,5 bulan ini terasa duduk diatas bara api. Akhirnya para pedagang ini mengadukan persoalan tersebut ke DPRD Palembang dan diterima Ketua DPRD Kota Palembang, H Darmawan diruang kerjanya, Kamis 13 September 2018.

Perwakilan pedagang Jalan Sudirman, HM Antoni Toha SH MH, mengatakan, pihaknya sangat sepakat dengan adanya upaya pemerintah untuk menertibkan serta merapikan areal perparkiran disepanjang Jalan Sudirman, hanya saja dalam realisasinya banyak sekali keluhan dirasakan pedagang, terutama persoalan omzet yang turun dratis. Selain itu, kondisi ini diperparah dengan dibangunnya taman-taman kecil persis di depan ruko pedagang.

“Kita semua bingung apa tujuan dari bangun taman tersebut, sehingga selama 1,5 bulan terasa duduk diatas bara api,” kata Antoni dihadapan Ketua DPRD Kota Palembang.

Hal yang sama di ungkapkan M Yusuf pedagang martabak HAR yang mengatakan keberadaan taman-taman itu bukan membuat menjadi rapi, bahkan semakin kumuh dan semrawut. Pihaknya sangat berharap kondisi ini ada solusinya, sehingga pedagang ini semakin nyaman dalam berusaha sebab saat ini Asian Games sudah selesai dilaksanakan. Selain itu, kondisi ini sangat menggangu kenyamanan tenaga kerja. Kemudian, untuk pedagang sendiri rata-rata tinggal diatas ruko, sehingga kendaraan dititipkan dilokasi lain. Hal ini sangat menyulitkan mengingat ada yang pagi-pagi sudah beraktivitas. Seperti, mengantar anak sekolah.

“Saat ini, coba bapak-bapak lihat banyak sekali ada tulisan di depan ruko, kalau ruko mau dijual atau disewa, padahal sebelumnya hal ini belum pernah terjadi,”tambah Yusuf.

Ketua DPRD Kota Palembang, H Darmawan, SH MH mengaku sangat prihatin dengan persoalan pedagang Jalan Sudirman tersebut, karena dia mengaku sudah melihat langsung omzet pedagang menurun dratis, sehingga saat itu juga Darmawan memanggil Kepala Dinas Perhubungan Kota Palembang Kurniawan agar permasalahan ini jangan berlarut-larut.

“Tolong Pak Dishub carikan solusi terbaik, agar pedagang ini tidak mengeluh soal kebijakan larangan parkir,” kata Darmawan dihadapan Kepala Dishub dan pedagang.

Darmawan juga memberikan apresiasi kepada Jajaran Dinas Perhubungan Kota Palembang yang telah menjalankan tupoksinya dengan baik, serta pedagang yang tidak mengibarkan bendera putih sebagai bentuk protes atas keluhan mereka.

Sedangkan Kepala Dinas Perhubungan Kota Palembang Kurniawan mengakui sangat berat menerapkan kebijakan larangan parkir disepanjang Jalan Sudirman tersebut, namun karena ada even International Asian Games dan berdasarkan arahan pemerintah pusat jalan protokol harus dikosongkan. Diakui Kurniawan jika pihaknya belum bisa menyiapkan lahan parkir permanen, atas kebijakan lahan parkir, tapi persoalan ini segera dicarikan solusinya.

“Kita akan rapat siang ini, Kamis 13 September pukul 14.00 Wib antara Dirlantas, PU PR serta pedagang untuk sama-sama kita duduk mencari solusi dan mengambil keputusan bersama,”katanya.

print