Tidak Ada Dana, Sidak Pasar Ditiadakan

0
13

A Yudiansyah

 

beritasebelas.com,Lahat – Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Lahat, sangat menyayangkan karena ketidak tersedianya anggaran di Pemerintah Kabupaten Lahat, dijadikan alasan tidak melaksanakan sidak pasar pada saat menjelang awal Ramadan 1438 H di Kabupaten Lahat yang rutin dilakukan selama ini bersama Tim Sidak Gabungan Kabupaten Lahat.

[Ketua YLKI Lahat Raya, Sanderson Syafei]
Sedangakan pada saat bulan Ramadan permintaan akan makanan sangat tinggi dan sangat rentan terjadinya perbuatan curang yang dilakukan oleh oknum pedagang nakal yang ingin mencari keuntungan dengan memanfaatkan momen tersebut.

Dengan diadakannya sidak pasar oleh pihak pemerintah diharapkan dapat menekan angaka kecurangan tersebut serta dapat memberi efek jera pada pedagang yang berlaku curang apa bila di temukan pada saat sidak dilakukan.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Lahat, H Hasnul Basri, SH,MH menuturkan, bahwa tidak melakukan sidak pasar jelang Ramadan, karena tidak memiliki anggaran saat bertemu diruang tunggu Bupati Lahat beberapa waktu lalu.

Ditempat terpisah, Ketua YLKI Lahat Raya, Sanderson Syafei sangat menyayangkan ketiadaan anggaran menjadi alasan Pemerintah Kabupaten Lahat untuk tidak melakukan sidak, padahal ini merupakan kegiatan rutin menjelang Ramadan untuk mencegah oknum-oknum nakal para pedagang.

“YLKI Lahat mengkritik keras pernyataan Kadis Ketahanan Pangan tidak melakukan sidak dengan alasan tidak ada anggaran,” ujar Sanderson Syafe’i kepada awak media, Kamis 31 Mei 2018.

Sanderson menambahkan, pihak YLKI Lahat Raya, sudah melayangkan surat permohonan untuk dilakukannya Sidak menjelang Ramadan dan Idul Fitri 1438 H kepada Bupati Lahat ditembuskan ke Tim Sidak lainnya jauh sebelumnya bulan Ramadan.

“Tanggapan Hasnul Basri tersebut tidak mencerminkan pejabat publik yang berkompeten di bidang keamanan pangan,” tegas Sanderson.

Informasi dilapangan menyebutkan, Kepala Dinas Perdagangan baru akan melakukan Sidak pada saat jelang lebaran nanti, sementara Sekda Kabupaten Lahat saat dikonfirmasi melalui pesan singkat hingga berita ini di turunkan belum memberikan jawaban apapun.

print