Ubah Sampah Menjadi Barang Berguna, Desa Payo Meresmikan Bank Sampah

0
8
[Proses peresmian bank sampah di Desa Payo Kecamatan Merapi Barat Kabupaten Lahat – foto A Yudiansyah beritasebelas]

A Yudiansyah

beritasebelas.com,Lahat – Demi mengoptimalkan pemanfaatan sampah, dan penanggulangan kebersihan, Desa Payo Kecamatan Merapi Barat Kabupaten Lahat meresmikan bank sampah.

Ide bank sampah lahir dari inovasi kerjasama antara Kepala Desa, Bhabinkamtibmas, dan pemerintah kecamatan yang melibatkan masyarakat desa setempat, memanfaatkan pengelolaan sampah agar menjadi nilai tambah dan uang. Sehingga bisa kembali digunakan untuk memenuhi kebutuhan pokok masyarakat desa itu sendiri.

Andi Wijayanto Bhabinkamtibmas inisiator penggagas bank sampah ini menuturkan, ide bank sampah ini adalah inovasi terobosan yang mengoptimalkan pengelolaan sampah menjadi suatu yang bermanfaat bagi masyarakat setempat.

“Setiap masyarakat berlomba-lomba mengumpulkan sampah yang nantinya akan di pilah, dan di jual kemudian uang hasil penjualan sampahnya akan di akumulasi kan ke dalam buku tabungan masing-masing warga, lalu setiap kapan saja masyarakat bisa mencairkannya atau menukarnya dengan kebutuhan sembako,” ujarnya disela-sela peresmian bank sampah, Kamis 19 September 2019.

Harun Rasyid Kades setempat menambahkan, bahkan BUMDES yang di kelola oleh desanya telah siap untuk menyiapkan segala bahan pokok yang di perlukan oleh warganya yang ingin menukarkan hasil penjualan sampahnya dengan bahan pokok/sembako.

“Sistem ini adalah jawaban dari keluh kesah masyarakat yang gelisah akan tercemarnya lingkungan hidup, hingga mengubah pola pikir, bagaimana masyarakat bisa dapat penghasilan dari pemanfaatan sampah,” ungkapnya.

Sementara, mewakili Bupati Lahat, Kadis DLH Lahat, Ir H Misri, MT beserta Camat Merapi Barat Eti Listina, S.Ip sangat mengapresiasi program ini, bahkan demi mendukung dalam pengelolaan sampah organik seperti daun untuk menjadi pupuk kompos, Pemerintah Kabupaten Lahat siap mendukung dan memfasilitasi Pemerintahan Desa Payo berkomunikasi dengan setiap perusahaan tambang yang ada

“Kami akan membantu perusahaan yang beroperasi di wilayah setempat agar bisa memberikan bantuan melalui CSR untuk mengadakan mesin pencacah sampah,” ungkapnya.

Dalam acara ini juga diisi dengan lomba mewarnai bagi anak PAUD Desa Payo, dan pemeriksaan kesehatan gratis dari Biddokkes Polres Lahat, hingga pembagian hadiah dan reward bagi warga masyarakat setempat yang menenangkan lomba kebersihan dan berhasil mengumpulkan sampah terbanyak, serta di akhiri dengan menanam bibit pohon mangga dan jambu di halaman gedung pertemuan Desa Payo secara simbolis di lakukan oleh Bupati, Camat Merapi Barat, Kapolres hingga Kepala Desa.

print