Ulu Ogan Juara Umum STQ Ke-26 Kabupaten OKU

0
282

oleh Bagus – foto Bagus

beritasebelas.com,Baturaja – Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) XXIV Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Tahun 2017 resmi ditutup oleh Bupati H Kuryana Aziz, di Masjid Agung Islamic Center Baturaja.

Kecamatan Ulu Ogan berhasil mendominasi peringkat pertama dari setiap cabang yang dipertandingkan, dari 92 Kafilah utusan 13 kecamatan yang ikut seleksi. Dengan pencapaian ini Kecamatan Ulu Ogan berhasil keluar sebagai Juara umum dengan perolehan nilai 25 poin, lalu disusul Kecamatan Peninjauan dengan Nilai 19 dan Kecamatan Lengkiti dengan nilai 12.

[Bupati OKU, H Kuryana Azis saat memberikan piagam kepada kafilah Kecamatan Ulu Ogan yang sukses menjadi juara umum]
Kabag Kesra Setda OKU, Kadarisman mengatakan, Juara 1 setiap cabang perlombaan akan langsung di ikut sertakan dalam training center (TC) untuk di godok dan di latih lagi untuk mewakili Bumi sebimbing Sekundang dikancah Sumatera Selatan.

“Insya Allah akan digelar pada 23 April 2017 mendatang di Banyuasin,” jelasnya.

Menurut Kadarisman, setiap pemenang lomba diberikan tropi dan piagam penghargaan serta uang pembinaan dari Pemerintah Kabupaten OKU.

“Juara 1 diberikan Rp 1 juta, Juara ke 2  Rp 750 ribu dan Juara Ke 3 Rp 500 ribu, sementara untuk juara Umum diberikan uang pembinan sebesar Rp 8 juta,” tegasnya.

Bupati OKU, H Kuryana Aziz dalam sambutannya bangga dengan para Qori dan Qoriah yang telah berpartisipasi dalam STQ ini. Dikatakannya, bagi yang keluar sebagai juara hal ini bukanlah akhir dari perjuangan melainkan masih banyak tantangan kedepan.

“Kita harus bersiap ikuti TC dengan baik, kita hanya punya waktu kurang lebih 1 bulan. Persiapkan diri jika nanti menang di tingkat provinsi maka akan bertanding ke tingkat nasional. Harapan kita ada yang bisa sampai ke tingkat nasional,” pintanya.

Kuryana juga sangat bangga dan salut dengan Kecamatan Ulu Ogan yang keluar sebagai Juara Umum dan ini merupakan kali pertama Kecamatan Ulu Ogan menjadi juara umum. Dikatakannya, biasanya yang menjadi juara umum Kecamatan Peninjauan.

“Aku salut, pecaknyo nak camat yang baru nian mako biso juara, berati binaan camatnyo berhasil,” kata Kuryana.

Kuryana juga menyentil 3 kecamatan yang nihil prestasi yakni Muara Jaya, Sinar Peninjauan dan Lubuk Raja.

“Nah, contoh Kecamatan Ulu Ogan yang mau bangkit, ini patut dijadikan contoh. Mana pak camat 3 wilayah ini, kenapa bisa nihil semua itu ?? Tidak bisa dipungkiri hal ini juga masih tergantung pembinaan camatnya,” tegas Kuryana.

Sebagai bentuk motivasi kepada para peserta dan camat agar bisa meraih prestasi kedepan, Kuryana menambahi uang pembinanan untuk juara umum.

“Berapa tadi uang pembinaannya Rp 8 juta untuk Juara Umum, ok saya cukupkan jadi Rp 10 juta sebagai hadiah dari saya untuk para pemenang. Nanti ambil di saya pak camat,” ujarnya seraya meminta kepada bagian Kesra kedepan agar uang pembinaan dapat diusulkan lebih besar dari sekarang.

print