Wahyu Sanjaya : Empat Pilar Dalam Kehidupan Berbangsa Harus Tetap Utuh

0
22

Yudiansyah

beritasebelas.com,Gelumbang – Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan Bhinneka Tunggal Ika merupakan empat pilar penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara Republik Indonesia. Ke empat pilar harus dijaga bersama.

Demikian disampaikan  Wahyu Sanjaya Anggota Komisi VI Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR-RI) Dapil Provinsi Sumatera Selatan II, Fraksi Partai Demokrat. Saat sosialisasi Empat Pilar di Kecamatan Gelumbang Kabupaten Muara Enim, Jumat 9 Maret 2018.

Sosialisasi ini dihadiri tokoh masyarakat, pemuda, unsur pemerintah daerah dan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah setempat. Wahyu Sanjaya menegaskan keempat pilar tersebut harus terus dijaga keutuhannya. Sesuai dengan amanat Undang-undang. Melalui Sekretariat Jenderal MPR RI lanjutnya, bahwa Anggota MPR RI yang didalamnya terdiri Anggota DPR dan DPD harus melaksanakan kegiatan Sosialisasi Pancasila, Undang-undang Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Bhinneka Tunggal Ika.

“Saya mengucapkan terima kasih atas atensi warga Kabupaten Muara Enim pada umumnya yang  bersedia mengikuti sosialisasi empat pilar kebangsaan ini. Menjaga keutuhan empat pilar kebangsaan merupakan amanat undang-undang,”ujar Alumnus Universitas Sriwijaya ini.

Menurut dia, nilai-nilai yang terkandung dalam pancasila saat ini sudah mulai pudar dalam kehidupan masyarakat sehingga pemerintah melalui MPR-RI terus melakukan sosialisasi tentang empat pilar berbangsa dan bernegara.

“Dulu kita masih bisa merasakan begitu kentalnya rasa gotong royong dalam kehidupan kita. Kentalnya rasa persaudaraan dan silaturahim, saling menghormati satu sama lain. Saat ini agak susah ditemukan lagi, bahkan terkadang tetangga sendiri kita tidak saling kenal. Sehingga perlu kita tumbuhkan kembali sikap yang mencerminkan Pancasila, ” imbuhnya.

Ideologi Pancasila sebagai dasar negara, lanjut Wahyu, tidak boleh berubah seiring dengan kamajuan zaman. Sebab Pancasila merupakan dasar negara yang harus dipertahankan dan menjadi ideologi bangsa.

Dirinya menjelaskan, Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Bhinneka Tunggal Ika merupakan empat pilar yang harus menjadi pedoman hidup masyarakat dalam berbangsa dan bernegara.

Hal senada disampaikan Dedi,  tokoh pemuda Kecamatan Gelumbang yang hadir dalam acara sosialisasi tersebut usai mendengarkan paparan Wahyu Sanjaya. Dirinya sependapat dengan rekan Apa yang disampaikan anggota DPR RI Fraksi Partai Demokrat Sumsel tersebut.

Bahkan Dedi yang juga pengurus Karang Taruna Kecamatan Gelumbang Kabupaten Muara Enim ini menganggap sosialisasi Empat Pilar sangat penting, mengingat kondisi kebatinan Bangsa Indonesian yang terus digempur pengaruh luar karena kemajuan teknologi.

“Pengaruh budaya luar dan arus informasi diera globalisasi saat ini  sangat rentan memudarkan semangat kehidupan berbangsa. Kita harus punya benteng dan dasar dalam menjaga keutuhan NKRI,”ujarnya.

print