Wakili Sumsel, SMAN 3 Palembang Bidik Sekolah Sehat Nasional

0
51
[Suasana verifikasi oleh Kemendikbud RI dalam penilaian sekolah sehat nasional 2018 di SMAN 3 Palembang – Foto Arto/beritasebelas.com]

Arto

beritasebelas.com, Palembang – Pihak SMA Negeri 3 Palembanh terus berkomitmen untuk membidik juara I pada lomba sekolah sehat nasional tahun 2018. Meski begitu, salah satu sekolah unggul ini akan berlomba dengan 96 sekolah yang ada di 25 provinsi di Indonesia.

Tim fervikasi dari Kemendikbud RI pun terus melakukan lawatan ke sekolah untuk melakukan penilaian, melihat dari berbagai perkembangan yang ada. Baik kondisi sekolah, prestasi kesehatan sekolah dan juga kreativitas siswa.

Kepala SMA Negeri 3 Palembang, Purwiastuti Kusumastiwi mengatakan,

Penilaian kali ini merupakan lanjutan pada saat penilaian pertama. Dari situ langsung kami maksimalkan, apa yang menjadi saran bagi mereka. Banyak sekali masukan yang harus kami perbaiki.

“Jadi apa yang kami lakukan ini sudah optimal, karena ada beberapa yang diperbaiki lagi,” ujar Purwiastuti disela penilaian lomba sekolah sehat tingkat nasional, Jumat (21/09).

Dikatakan Purwiastuti dalam penilaian pertama beberapa bulan kemarin, yang harus diperbaiki yaitu sarana sekolah, seperti toilet harus sesuai dengan jumlah siswa, toilet putri 1 berbanding 25 dan toilet putra 1 berbanding 40, dan setiap kelas harus ada tempat cuci tangan.

Ia berharap, bisa mendapatkan peluang juara pertama di tingkat nasional. Yang menjadi unggulan pihaknya, yakni tanaman pacoi dan ruang UKS yang sudah bagus, itu point yang jadi uggulan kita.

“Mudahan apa yang diharapkan bersama, kami bisa mendapatkan juara 1 untuk tingkat nasional tahun ini,” harapnya.

Sementara itu, tim verifikasi lomba sekolah sehat tingkat nasional 2018 Kemendikbud, Akyar menuturkan, dalam lomba sekolah sehat ini ada dua kategori yang diperlombakan, yakni Best Performance atau kinerja terbaik dan Best Achievement atau pencapaian terbaik.

Pembobotan penilaian kategori best performance ditekankan pada komitmen dan upaya pengembangan dan pelaksanaan UKS yang dilakukan tim pembina UKS di tingkat provinsi, kota dan kecamatan serta sekolah.

“Dan untuk kategori best achievement yang dilihat dari kondisi sarana dan prasarana sekolah yang memenuhi persyaratan kesehatan dan pengetahuan serta sikap peserta didik terhadap penerapan kesehatan yang dianjurkan,” jelas Akyar di waktu dan tempat yang sama.

Lanjutnya, ada 25 provinsi yang mengikuti lomba sekolah sehat tingkat nasional, terdiri dari 96 sekolah dan terbagi jadi 4 jenjang, 23 TK, 24 SD, 25 SMP 25, dan 24 SMA.

“Setelah dilakukan penilaian pertama kami melakukan ferivikasi kepada semua sekolah dan hasilnya ada 21 provinsi dari 32 sekolah, 8 TK, 8 SD, 8 SMP, dan 8 SMA,” terangnya lagi.

Tahun 2017 lalu SMA Negeri 1 Palembang. Untuk tahun ini di Sumsel sendiri yang mengikuti lomba tersebut ada dua sekolah, yakni SMA Negeri 3 Palembang dan SD Al Zahra Palembang

“Pengumuman lomba sekolah sehat, akan diumumkan pada awal Oktober  2018 melalui email dan surat,” jelasnya.

print