Waspada Belanja Daging di Mall, ini Alasannya

0
22

A Yudiansyah

[Petugas saat melakukan sidak di pasar tradisional – foto A Yudiansyah beritasebelas]
beritasebelas.com,Lahat – Menjelang hari raya Idul Fitri yang tinggal menghitung hari, Petugas UPTD Laboratorium Kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten Lahat, menggelar sidak di Pasar Lematang dan Hypermart Citimall Lahat. Hasilnya, dalam sidak yang dilakukan pada Rabu 6 Juni 2018, ditemukan bahan makanan tidak layak konsumsi, lantaran sudah kadaluarsa dan mengandung zat berbahaya bagi kesehatan. Bahkan, di Hypermart, petugas menemukan daging olahan sudah kadaluarsa, tapi masih dijual dan dipajang.

“Harusnya sudah ditarik, karena sudah lewat masa penggunaan,” kata Kepala Dinkes Lahat, dr H Rasyidi Amri, disampaikan Kepala UPTD Laboratorium Kesehatan, Joko Kadarminto SKM, Kamis 7 Juni 2018. Atas temuan itu, Hypermart yang merupakan salah satu pusat perbelanjaan terbesar di Kabupaten Lahat, diminta tidak lagi memajang produk kadaluarsa itu.

Hasil lainnya dari sidak yang dilakukan ino, petugas juga menemukan bahan makanan berupa cincau hitam, mie basah, dan ikan asin yang positif mengandung formalin dan borax, dijual di Pasar Lematang. Meski beberapa hari lalu, sebenarnya Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Palembang, sudah melakukan pemeriksaan dan hasilnya positif.

“Jenis bahan makanan itu sangat tidak bagus. Karena mengandung zat berbahaya bagi kesehatan,” ungkapnya.

Hanya saja, Joko menyatakan, pihaknya tidak serta merta melakukan tindakan terhadap para pedagang. Apalagi pedagang mendapatkan bahan makanan itu dari luar daerah.

“Tidak langsung kami tindak, tetapi kami bina terlebih dulu,” kata Joko.

print