Waspada Diskon Palsu Jelang Lebaran

0
38
[Ketua YLKI Lahat Sanderson Syafei ST SH saat mengecek diskon di salah satu pusat perbelanjaan di Lahat – foto A Yudiansyah beritasebelas]

A Yudiansyah

beritasebelas.com,Lahat – Menjelang lebaran Idul Fitri 1440 H, berbagai cara dilakukan pusat perbelanjaan untuk menarik minat para konsumen agar tertarik untuk membeli produk yang mereka jajakan. Salah satunya adalah dengan memberikan diskon besar-besaran.

Namun, disisi lain Ketua YLKI Lahat Raya, Sanderson Syafe’i, ST, SH mengingatkan, agar masyarakat waspada terhadap diskon yang bersifat semu tersebut. Karena, kebanyakan pusat perbelanjaan memberikan diskon dengan menaikkan terlebih dahulu harga barang tersebut.

“Disini konsumen dituntut cerdas dan waspada terkait masalah diskon. Banyak pusat perbelanjaan memberikan diskon untuk menarik perhatian konsumen, tetapi membingungkan,” tuturnya, Kamis 30 Mei 2019.

Sanderson menegaskan, menaikkan harga sebelum dikenakan potongan harga, menyalahi UU Perlindungan Konsumen nomor 8 tahun 1999. Hal ini merupakan bentuk penipuan dan bisa dipidanakan. Dirinya lantas meminta Dinas Perdagangan lebih proaktif melakukan survei, sebelum adanya diskon yang menyesatkan konsumen.

“Jangan membodohi konsumen dan memanfaatkan moment ini untuk meraup keuntungan besar, dengan menipu masyarakat. Diskon ya diskon, tapi jangan dinaikkan dulu harganya,” tegasnya.

print