Waspada, KWH PDAM Sering Hilang

0
54

A Yudiansyah

beritasebelas.com,Lahat – Pelanggan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) di Kabupaten Lahat, khususnya dikawasan Kelurahan Gunung Gajah dan sekitarnya harus lebih berhati-hati, agar tidak kehilangan alat pengukur (meteran) kran penggunaan air. Sebab beberapa hari belakangan dikawasan tersebut sudah terjadi pencurian penghitung pemakaian air atau KWH meter PDAM. Kondisi ini pun diresahkan oleh warga setempat yang menggunakan jasa PDAM.

Herwansyah, warga sekaligus seorang tokoh masyarakat mengisahkan bahwa, akhir-akhir ini KWH meteran yang telah terpasang dan menyalurkan air di daerah tersebut telah hilang.

“Hampir setiap malam terjadi pencurian KWH meter PDAM yang dipasang gratis di lokasi Kelurahan RDPJKA, seperti di Jalan Satria, sekitar pukul 04.00 Wib pagi air mengalir terbuang dengan percuma. Tentunya hal ini dikarenakan meterannya sudah tidak ada lagi,” ujarnya, Jumat 12 Januari 2018.

Ketua RT 01, Kelurahan Pagar Agung Otong, juga mengaku, bahwa dirinya telah melaporkan kondisi ini ke pihak PDAM Tirta Lematang Lahat. Namun demikian, kata dia, belum ada tanggapan sama sekali hingga saat ini.

“Wilayah yang rawan pencurian alat tersebut, adalah di Kelurahan Talang Jawa Selatan, Talang Jawa Utara, RDPJKA, dan Gunung Gajah,” ujar Otong kepada awak media.

Terpisah, Direktur PDAM Tirta Lematang Kabupaten Lahat, Hermidi SH menyampaikan, bahwasanya dirinya sudah menerima laporan adanya pencurian meteran air PDAM milik warga.

“Kita langsung bentuk tim dan turun ke lokasi, tentunya untuk shutdown (mematikan sementara) distribusi air ke rumah pelanggan, mengingat air yang tersalur akan tumpah terbuang saja,” pungkasnya.

print