Waw, Atlet NPC Sumatera Selatan Borong 13 Emas di Tes Event Asian Para Games

0
39
[Salah satu atlet Sumatera Selatan yang mengikuti Tes Event Asian Para Games]

Arto

beritasebelas.com,Palembang – Prestasi luar biasa ditorehkan oleh atlet disabilitas Sumatera Selatan pada tes event Asian Para Games di Jakarta akhir pekan lalu.  Pasalnya, pada tes event ini Sumatera Selatan berhasil menyumbang 13 keping emas sehingga memantapkan skuat Merah Putih dalam menatap multievent bergengsi Asian Para Games pada 6 Oktober 2018 mendatang.

Ke-13 emas tersebut dipersembahkan oleh para punggawa Sumatera Selatan yang saat ini menghuni Pemusatan Latihan Nasional (Pelatnas) dalam mempersiapakan multievent bergengsi selevel Asian Games tersebut.

“Ya, track record anak-anak sangat bagus. Mengalami kenaikan. Tes event ini tidak semua diikutkan. Hanya beberapa. Ada Jendy yang borong 4 emas, kemudian Agus Tibambela dan lainnya,”ujar Ketua Umum NPC Sumsel Ryan Yohwari, Senin 9 Juli 2018.

Menurut pria yang juga juara dunia bukutangkis ini menambahkan, bahwa di tes event ini memang tidak semua Pelatnas diikutkan, tapi peserta tetap level Asia seperti Asian Games. Ada Kazhakstan, Singapura, Australia, Malaysia, Thailand dan lainnya.

“Artinya, dengan beberapa saja kita sumbang 13 emas. Tapi kita tetap target awal bahwa di Asian Para Games menargetkan bisa menyumbang 4 emas untuk Indonesia,”harapnya.

Pasalnya, tes event memang tidak semua negara ikut. Ada juga yang sebagai event mengetahui kekuatan lawan dan lain sebagainya. Namun demikian, 12 atlet Sumatera Selatan yang bakal memperkuat Merah Putih di Asian Para Games ini bakal berjuang membidik target.

“Saat ini ada 12 yang sudah fiks, ada dua lagi yang capai limit tapi masih promosi. Tapi yang jelas 15 atlet kita bisa memberikan yang terbaik,” urainya.

Sedangkan Agus Tinambela, salah satu sprinter asal Sumatera Selatan andalan Merah Putih yang bakal turun di Asian Para Games mengaku latihan dan tes event yang diikuti sangat membantu dalam membaca peta kekuatan lawan. Kendati demikian, Agus mengaku disisa 4 bulan jelang pelaksanaan ini tegap menjaga performa latihan agar saat pelaksanaan tampil maksimal.

“Yang jelas porsi latihan ditingkatkan. Karena ini bukan ASEAN Para Games tapi Asian Para Games lebih luas lagi karena level Asia,”jelasnya.

Hingga saat ini Agus mengaku, Jepang masih menjadi bayang-bayang sebagai musuh berat melalui sprinter andalan mereka. Sehingga membuatnya terus menjalani dan meningkatkan ritme latihan.

Peraih Medali Emas Tes Event Asian Para Games

Jendi 4 emas, Bejita 4 emas, Agus  Tenambela 2 emas lari  1500′ dan lari 800, Rica Oktavia 2 emas lompat jauh dan l 100 m, Rico Amirico, bulu tangkis peringkat 4, Rohman 2 nomor yang diikuti (1 emas nomor 100 meter gaya punggung dan 1 perak  nomor 50 meter gaya bebas),

Sandress  Event

– 1 perak 100 meter gaya kupu-kupu ( mengalahkan Ratih atlet Pelatnas )

– 1 perak 100 meter gaya punggung ( mengalahkan  Ratih atlet Pelatnas )

M Akasyah 1 nomor yg diikuti ( 1 perunggu 100 meter gaya punggung )

Atlet NPC Sumatera Selatan  yang masuk Pelatnas Asian Paragames sebanyak 12 orang, yakni Hendri Radilah (anggar kursi roda), Maksum Firdaus, Yuni (catur tunadaksa), Hendi Wirawan (catur B1), Adji Hartono (catur B2), Agustinus Tinabela (atletik T 12), Rica Oktavia (atletik T 20), Elsa Maris (bowling TPB4), Fitri (Goal ball), Rahmat Hidayat (tenis meja T17), Jendi Pangabean (renang, S,SB,SM) pemecah 4 rekor Asia pada Asean Para Games di Malaysia 2017, Muhamad Bejita (renang, S,SB,SM) pemecah 3 rekor Asia pada Asean Para Games  di Malaysia 2017.

print